Orang Sibuk atau Orang Produktif, Anda Termasuk Kategori Mana?

id orang sibuk, orang produktif, produktif

Orang Sibuk atau Orang Produktif, Anda Termasuk Kategori Mana?

Ilustrasi. (iraqenergy.org)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Siapakah diri kita? Orang sibuk atau produktif. Di antara orang sibuk dan produktif ada perbedaan mendasar.

Orang sibuk belum tentu produktif. Akan tetapi, orang yang produktif tentunya mempunyai kesibukan.

Dari uraian tersebut, menjadi produktif adalah pilihan yang terbaik daripada menjadi sibuk juga belum tentu memberikan banyak manfaat.

Apa perbedaan antara sibuk dan produktif? Di bawah ini beberapa hal yang dapat membedakan antara orang sibuk dan produktif.


1. Misi Terukur vs Misi yang Tidak Terukur

Orang sibuk cenderung tidak memiliki tujuan. Orang sibuk mengambil banyak langkah agar mendapatkan hal yang terbaik bagi dirinya.

Sementara orang produktif berbeda. Ia akan mengambil langkah yang jelas dengan tujuan yang dicapainya nanti. Dengan begitu, semua keputusan dan langkahnya lebih terukur.


2. Prioritas Orang Sibuk vs Prioritas Orang Produktif

Orang yang sibuk akan mempunyai banyak prioritas untuk dijalankan. Terkadang hal tersebut menjadikannya tidak fokus sehingga hasilnya kurang sempurna.

Sementara orang yang produktif jelas memiliki prioritas dalam hidupnya yang tak sebanyak orang sibuk. Ia tahu mana yang akan dicapai dan akan jalankan sebagai prioritas utama.


3. Setuju Tanpa Pertimbangan vs Setuju dengan Penuh Pertimbangan

Setuju tanpa pertimbangan menjadi ciri yang dimiliki orang yang suka dengan banyak kesibukan. Ia cenderung menerima tawaran dengan mudah tanpa berpikir mampu atau tidak.

Sementara orang yang produktif cenderung menerima tawaran dengan banyak pertimbangan. Karena itu, ia akan memperhitungkan terlebih dahulu kemudian menyesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya.


4. Bertidak Dulu Apa Pun Hasilnya vs Membayangkan Hasilnya Baru Bertindak

Orang yang selalu sibuk cenderung fokus pada apa yang dikerjakan dan jarang memikirkan kejelasan dari hasil kerjanya nanti.

Sementara orang yang produktif cenderung memikirkan kejelasan dari apa yang dilakukannya. Orang produktif cenderung memikirkan dan mengevaluasi hasil kerja setelah melakukannya.


5. Menonjolkan Kesibukan vs Menonjolkan Hasil Kerja

Sibuk dengan membicarakan tentang apa yang sudah dan sedang dilakukan adalah ciri-ciri orang sibuk. Sementara orang produktif cenderung berbicara tentang hasil dan pencapaian yang telah diraih.

Karena itu, orang yang produktif cenderung mempunyai pengalaman dengan pencapaian yang baik dibandingkan dengan orang sibuk yang memliki banyak aktivitas.

6. Menyelesaikan Setengah-Setengah vs Menyelesaikan hingga Tuntas

Orang sibuk biasanya suka melakukan banyak hal, tapi menyelesaikannya setengah-setengah. Berbeda dengan orang produktif yang melakukan satu hal dan fokus pada hal tersebut hingga selesai.

Contohnya, orang produktif akan mengikuti kelas menulis dengan target akan menerbitkan buku dalam kurun waktu ke depan. Sementara orang sibuk akan mengikuti banyak kelas semisal menulis, tari, seni dan banyak lagi tanpa ada tujuan yang jelas.


7. Sibuk dengan Banyak Hal vs Fokus pada Beberapa Hal

Menangani banyak hal atau multitasking adalah ciri dari orang yang sibuk. Berbeda dengan orang yang produktif yang hanya tertuju pada beberapa hal. Akan tetapi, mempunyai hasil yang memuasakan.


8. Responsif vs Efektif

Cepat merespon segala notifikasi pada media sosial dan cenderung aktif dalam merespon hal-hal yang terjadi di sekitarnya adalah ciri lain orang sibuk. Sementara orang yang produktif akan memanfaatkan waktu dengan baik dan memilih hal-hal yang lebih bermanfaat.


9. Suka Melihat Orang Sibuk vs Suka Melihat Orang Melakukan secara Efektif

Ciri yang satu ini biasanya dimiliki pimpinan (manager) di mana seorang manager yang sibuk akan suka melihat timnya menjadi sibuk. Sementara orang produktif cenderung mengarahkan timnya untuk melakukan pekerjaan dengan cara-cara yang efektif.


10. Berbicara Tentang Perubahan vs Melakukan Perubahan

Orang yang lebih cenderung melakukan perubahan pada dirinya dengan sedikit bicara adalah salah satu ciri orang produktif. Sementara orang sibuk masih sebatas berbicara tentang perubahan yang akan dilakukan.


Menjadi Produktif

Dengan menghitung dan memanfaatkan waktu yang dimiliki, mengatur tujuan serta melakukan penataan pada tujuan ke depan adalah cara orang produktif dalam berpikir. Karena itu, menjadi produktif adalah cara yang terbaik bagi kita untuk memanfaatkan waktu yang dimiliki.


Sumber: cermati.com