Polda Kalsel Bersiap Naik Jadi Tipe A

id polda kalsel, polri

Polda Kalsel Bersiap Naik Jadi Tipe A

Kepolisian Republik Indonesia. (Istimewa)

Banjarmasin (Antara Kalteng) - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai mempersiapkan diri untuk naik menjadi polda bertipe A.

"Sekarang masih dilakukan pengkajian dan pembuatan makalah," tutur Kepala Bidang Humas Polda Kalsel AKBP Mochamad Rifai di Banjarmasin, Senin.

Menurut Rifai, jika seluruh dokumen selesai maka akan dipresentasikan ke pusat di Jakarta, baik ke internal Mabes Polri maupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan DPR RI.

Rifai pun mengakui memang sudah ada peringatan dari Mabes Polri terkait wacana peningkatan status Polda Kalsel dari tipe B ke tipe A.

Dorongan kenaikan status itupun berdasarkan pertimbangan secara keseluruhan, baik jumlah gangguan kamtibmasnya maupun sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang ada di Provinsi Kalsel.

Jika nanti Polda Kalsel berganti menjadi tipe A maka pejabat Kapolda akan berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) atau bintang dua dan Wakapolda menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) alias bintang satu serta semua pejabat utama Polda berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombespol).

"Kalau saat ini pejabat utama Polda masih ada yang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)," beber Rifai.

Hingga saat ini, sebagian besar polda di Indonesia statusnya sudah tipe A. Untuk di Pulau Sumatera, tinggal Polda Jambi dan Polda Bengkulu yang masih tipe B.

Sedangkan di Pulau Jawa hanya Polda Yogyakarta berstatus tipe B. Sementara di Kalimantan, tinggal Polda Kalsel dan Polda Kalteng.

Kemudian di Pulau Sulawesi yang masih tipe B Polda Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. Di bagian timur Indonesia, yang masih tipe B Polda Nusa Tenggara Barat, Polda Maluku Utara dan Polda Papua Barat.