Innalillahi! 2 Jemaah Asal Kalteng Wafat di Arab Saudi

id jemaah haji, kalteng, wafat, arab saudi

Innalillahi! 2 Jemaah Asal Kalteng Wafat di Arab Saudi

Ilustrasi - Ribuan Jemaah Haji Padati Masjidil Haram Ribuan jemaah memadati areal tawaf Masjidil Haram. (kemenag.go.id/foto: mkd)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sebanyak dua jemaah haji asal Provinsi Kalimantan Tengah diketahui telah meninggal dunia di Arab Saudi.

"Jemaah yang wafat pertama ialah bernama Wahidah binti Atung Sidik (77) berasal dari Kabupaten Barito selatan dan kedua ialah Muslimah Zarkoni Asrof (60), dari Kabupaten Katingan," kata Kasi Pendaftaran Haji dan Umroh, Kemenag Kalteng, Suwarso di ruang kerjanya, Senin.

Dia menerangkan, Wahidah meninggal karena serangan jantung yakni sesaat setelah tiba di Arafah pada Kamis (31/8/) sekira pukul 03.00 Waktu Arab Saudi.

Sementara Muslimah warga asal Kabupaten Katingan yang merupakan jemaah keberangkatan Kabupaten Kotawaringin Timur diketahui meninggal pada Sabtu waktu Arab Saudi usai melaksanakan wukuf di Arafah.

Keduanya dimakamkan di tanah suci, setelah melalui proses administrasi yang berlalu di Arab Saudi. Pemerintah telah menyampaikan kabar duka ini kepada pihak keluarga.

"Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan atas kabar duka ini," harap Suwarso.

Selanjutnya, Suwarso mengatakan, berdasar informasi dari tim penyelenggara haji Kalimantan Tengah, seluruh jemaah yang ada di Arab Saudi dalam kondisi sehat.

Pihaknya juga mengimbau jemaah untuk selalu menjaga kesehatan dengan tak melaksanakan aktivitas di luar ibadah dan di luar jadwal yang ditetapkan.

Dia juga mengajak keluarga untuk terus mendoakan kesehatan dan keselamatan keluarganya yang berhaji hingga nantinya dapat berkumpul kembali dengan keluarga di tanah suci.

Berdasarkan data seluruh jemaah haji asal Kalimantan Tengah berjumlah 1620 orang yang terdiri dari lima kelompok terbang yakni kloter delapan hingga kloter 12.