Pemkab Kotim Gelar Sosialisasi Pemilu Untuk Pemilih Pemula

id Pemkab Kotim, Sosialisasi Pemilu, Pemilih Pemula

Pemkab Kotim Gelar Sosialisasi Pemilu Untuk Pemilih Pemula

Pelaksana Tugas Sekda Kotim, Halikinnor memberi arahan dalam sosialisasi pemilu untuk pemilih pemula, Selasa (5/9/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Pelajar jangan golput,"
Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menggelar sosialisasi pemilu, khususnya untuk pemilih pemula agar memahami dan tertarik menggunakan hak pilihnya saat pemilu.

"Semua pihak harus memahami aturan dan saling bersinergi. Sosialisasi perlu ditingkatkan ke sekolah agar pelajar dapat mengambil bagian dengan menjadi pemilih yang kritis, adil, jujur, dan tertib. Pelajar jangan golput," kata Pelaksana Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor saat sosialisasi pemilu serentak bagi pelajar sebagai pemilih pemula di Sampit, Selasa.

Sosialisasi dilakukan berkelanjutan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Seperti hari ini, sosialisasi dilakukan kepada ratusan pelajar dari berbagai SMA dan SMK di Sampit.

Sosialisasi kepada pemilih pemula sangat penting. Bukan hanya pembelajaran politik, tetapi sebagai bentuk nyata keterlibatan pemilih pemula dalam berdemokrasi.

Tahun 2019 akan dilaksanakan Pemilu Legislatif. Saat itu, akan ada banyak mereka yang saat ini duduk sebagai pelajar, nantinya sudah memiliki hak pilih karena berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Tahun ini di Kotawaringin Timur juga digelar pemilihan kepala desa secara serentak di 78 desa. Pilkades itu nantinya juga menjadi ajang demokrasi memilih pemimpin meski dalam lingkup yang lebih kecil.

"Sosialisasi juga harus dilakukan kepada mahasiswa karena biasanya makin kritis maka makin besar potensi golput. Rugi kalau golput karena kita tidak bisa ikut menentukan siapa wakil dan pemimpin kita, padahal itu baru dilakukan lagi pada lima tahun berikutnya," kata Halikinnor.

Sejumlah narasumber dihadirkan dalam sosialisasi yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur, Sahlin serta perwakilan Polres Kotawaringin Timur dan Kodim 1015 Sampit. Peserta menyimak dengan seksama acara yang menurut mereka sangat bermanfaat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kotawaringin Timur, Kaspul Bahri mengatakan, pelajar dan mahasiswa menjadi salah satu kelompok yang disasar dalam sosialisasi karena jumlahnya cukup signifikan. Kegiatan ini sekaligus memberi pemahaman agar mereka bisa menggunakan hak politiknya dengan baik.

"Ini salah satu upaya meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula. Mudah-mudahan nanti mereka bisa menjadi pemilih yang baik dan cerdas," kata Kaspul.

Kaspul mengajak seluruh masyarakat, khususnya yang memiliki hak pilih agar menggunakan hak pilihnya dengan baik. Sukses penyelenggaran pemilu diharapkan mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas.