Pemanfaatan Lahan Pertanian Perlu Dukungan Pemerintah, kata DPRD Barsel

id DPRD Barito Selatan, Hermanes, Lahan Pertanian

Pemanfaatan Lahan Pertanian Perlu Dukungan Pemerintah, kata DPRD Barsel

Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Hermanes, SE. (Foto Antara kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Hermanes mengatakan, pemanfaatan lahan pertanian perlu dukungan pemerintah kabupaten setempat.

Menurut dia, di Buntok Selasa, hal tersebut agar produksi pertanian di wilayah setempat bisa lebih maksimal lagi dimasa mendatang.

Oleh karena itu, pemerintah kabupaten melalui instansi terkait agar memberikan perhatian khusus terhadap para petani dalam melakukan pengembangan usaha tanam padi.

Selain itu juga lanjut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barsel itu menyampaikan, masyarakat yang bermata pencahariannya sebagai petani harus lebih aktif meminta bimbingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) apabila ada yang belum dimengerti.

"Apabila ada masalah dalam pengembangan pertanian, agar dikoordinasikan sehingga bisa dicari jalan keluarnya,"kata wakil rakyat dapil III Barito Selatan itu.

Sementara Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri mengatakan, untuk mendukung pemanfaatan lahan pertanian di Barsel, pihaknya telah membangun sarana dan pra sarana seperti saluran sekunder, tersier maupun cek dam.

Tidak hanya itu kata Eddy Raya, pemerintah juga telah membuat jalan usaha tani atau titian usaha tani serta bantuan pembuatan galangan sawah, dan pemberian benih padi unggul yang dananya melalui APBD Kabupaten dengan APBD Provinsi maupun dana APBN.

"Bahkan untuk memperlancar pengarapan lahan sawah maupun untuk panen pihaknya telah memberikan bantuan berupa alat meskipun jumlahnya terbatas,"kata Bupati Barsel.