Satu Jamaah Kalteng Meninggal di Arab Saudi

id haji, meninggal, arab saudi

Satu Jamaah Kalteng Meninggal di Arab Saudi

Ketua Seksi Siskohat, PPIHD Kalteng, Ismail Marsuki (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Satu jamaah haji asal Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah meninggal dunia saat dirawat di Rumah Sakit, di Mekkah, Arab Saudi.

"Yang bersangkutan bernama Darlian Uduy Usup dengan nomor paspor B5037025. Beliau meninggal akibat mengalami 'respiratory diseases' atau masalah pernapasan," kata Ketua Seksi Siskohat, PPIHD Kalteng, Ismail Marzuki di Palangka Raya, Senin.

Pria yang juga sebagai Operator Siskohat Kanwil Kemenag Kalteng ini menerangkan, jamaah pria berusia 77 tahun asal Kabupaten Seruyan tersebut meninggal pada Sabtu (9/9) sekira pukul 17.32 waktu setempat.

"Artinya hingga data terakhir yang kami terima, sudah ada tiga jamaah asal Kalimantan Tengah yang meninggal di Arab Saudi," kata Ismail.

Seluruh jenazah dimakamkan di Arab Saudi setelah sebelumnya melalui proses administrasi yang berlaku di negara itu.

Selanjutnya, dia mengatakan, sampai saat ini selain ketiga jamaah yang diketahui telah meninggal, seluruh haji asal Kalimantan Tengah yang masih di Arab Saudi dalam keadaan sehat.

"Informasi terakhir yang kami terima pagi tadi demikian, seluruh jamaah sehat," katanya.

Sebelumnya pada Kamis (31/8), Wahidah Atung Sidik (77) berasal dari Kabupaten Barito Selatan merupakan jamaah pertama asal Kalteng yang meninggal di Arab Saudi.

Selanjutnya, pada Sabtu (2/9), Muslimah Zarkoni Asrof (57) warga Kabupaten Katingan menjadi jamaah kedua asal Kalteng yang meninggal di Arab Saudi.

Berdasarkan data seluruh jemaah haji asal Kalimantan Tengah berjumlah 1620 orang yang terdiri dari lima kelompok terbang yakni kloter delapan hingga kloter 12.