Ratusan Tentara Dikerahkan Bangun Jalan Desa Seruyan

id TMMD, jalan seruyan, kodim sampit

Ratusan Tentara Dikerahkan Bangun Jalan Desa Seruyan

Anggota Kodim 1015 Sampit bersama pemerintah daerah meninjau jalan yang akan ditingkatkan. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Kodim 1015 Sampit akan mengerahkan ratusan anggota mereka untuk membantu peningkatan jalan Desa Wana Tirta, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, sepanjang 4000 meter.

"Ini bagian program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 yang dilaksanakan Kodim 1015 Sampit. Selain peningkatan jalan, kami juga akan membuat plafon salah satu gereja di desa itu," kata Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa di Sampit, Selasa.

Kodim 1015 Sampit meliputi tiga kabupaten yakni Kotawaringin Timur, Katingan dan Seruyan. Tahun 2015 lalu program TMMD dilaksanakan di Kotawaringin Timur, tahun 2016 di Katingan dan tahun 2017 di Seruyan.

Desa Wana Tirta merupakan eks desa transmigrasi yang kini dihuni 452 kepala keluarga yang umumnya berprofesi sebagai petani. Kondisi jalan yang belum memadai selama ini membuat aktivitas masyarakat menjadi kurang lancar.

Dua sasaran utama dalam TMMD ke-100 Kodim 1015 Sampit tahun 2017 yaitu peningkatan badan jalan sepanjang 4000 meter dengan lebar 12 meter dan pembuatan plafon Gereja Santo Fransiskus dengan ukuran 10x18 meter.

Selain itu juga ada sasaran tambahan yakni pembuatan dua jembatan berukuran 4x4 meter dan 4x6 meter.

Kegiatan itu juga akan diisi berbagai kegiatan nonfisik yaitu penyuluhan terkait wawasan kebangsaan, bahaya narkoba serta pelayanan Keluarga Berencana dan kesehatan.

Kegiatan dilaksanakan selama 30 hari, dimulai 26 September dengan dibuka oleh Bupati Seruyan H Sudarsono dan dihadiri pejabat lainnya. Untuk melaksanakan kegiatan ini, jumlah anggota TNI dan tim asistensi yang dikerahkan sedikitnya 150 orang, ditambah 70 warga setiap harinya.

"Kegiatan ini menggunakan dana yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Seruyan. Kami juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dalam pelaksanaan ini," kata Putra Yasa.

Saat ini tim terus mematangkan persiapan bersama Camat Batu Ampar, Syamsudin Soebehan dan Kepala Desa Wana Sari, Lamari. Putra Yasa berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya untuk mengangkut hasil pertanian.

Sementara itu, perbaikan gereja untuk memberi kenyamanan bagi warga yang beribadah. Kegiatan ini dilaksanakan menindaklanjuti usulan masyarakat setempat.

Kodim 1015 Sampit berupaya memberikan kontribusi nyata membantu masyarakat karena TNI merupakan bagian masyarakat. Kegiatan TMMD dilaksanakan setiap tahun dengan lokasi berbeda-beda.