Stanting Pengaruhi Kualitas SDM, Kata Pudjirustaty Narang

id Stanting Pengaruhi Kualitas SDM, pulang pisau, stanting, Pudjirustaty Narang

Stanting Pengaruhi Kualitas SDM, Kata Pudjirustaty Narang

Wakil Bupati, Pudjirustaty Narang membuka pertemuan para pemangku kepentingan terkait pencegahan stanting melalui kampenye gizi nasional. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Status gizi kesehatan ibu dan anak merupakan penentu dari kualitas SDM,"
PulangPisau (AntaraKalteng) - Wakil Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang mengatakan bahwa masalah gizi ternyata mempengaruhi kualitas sumber daya manusia (SDM), satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terkait diminta untuk mencegah terjadinya stanting atau masalah gizi kronis di daerah setempat.

"Status gizi kesehatan ibu dan anak merupakan penentu dari kualitas SDM," kata Pudjirustaty Narang di Pulang Pisau, Selasa.

Dari hasil pertemuan pemangku kepentingan pencegahan stanting melalui kampenye gizi nasional, Pudjirustaty mengungkapkan bahwa saat kehamilan hingga menyusui adalah periode 1.000 hari pertama kehidupan yang sangat kritis. Waktu ini yang sangat menentukan dalam mencetak SDM yang berkualitas.

Masalah gizi, terang dia, sangat komplek dan merupakan tantangan besar untuk menjadi kan gizi sebagai isu sentral dalam memperbaiki SDM. Kualitas SDM dan panganan dalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Pemenuhan pangan yang optimal secara kualitas dan kuantitas menjadi aspek mendasar dalam pembangunan SDM yang memiliki daya saing.

Pulang Pisau, dikatakan Pudjirustaty, angka santing berada sebesar 32 persen dari angka stanting tertinggi di Kabupaten Murung Raya sebesar 34,7 persen berdasarkan data PSG Tahun 2016. 

Dampak stanting antara lain meningkatnya resiko kesakitan dan infeksi, terhambatnya perkembangan otak dan fisik, minimnya prestasi belajar dan pendeknya periode bersekolah. 

Pada usia Produktif anak stanting memiliki penghasilan lebih rendah disbanding anak tumbuh optimal. Hal ini yang harus menjadi perhatian bagi para pemangku kepentingan di daerah setempat.

Melihat dampak yang ditimbulkannya, Pudjirustaty meminta kepada SOPD dalam membuat perencanaan terkait tindaklanjut  program kampanye gizi nasional. Upaya maksimal salah satunya melalui pendekatan keluarga,  kita akan mampu mencapai hasil yang lebih baik di masa dating guna mewujudkan manusia sehat dan produktif.

Ketua panitia penyelenggara pertemuan pemangku kepentingan pencegahan stanting melalui kampenye gizi nasional, Hendri Arroyo mengatakan salah satu tujuan dari pertemuan diharapkan adanya pemahaman strategi pencegahan sensitif, spesifik terhadap stanting yang dapat dilakukan tiap individu, komunitas, swasta dan pemerintah.

Selain itu bertujuan mengidentifikasi peran desa dalam pencegahan stanting, disertai dengan rencana kerja kampanye gizi nasional yang meliputi upaya pembiayaan pencegahan stanting di wilayah desa, kecamatan dan kabupaten dalam satu tahunkedepan.