Pegawai Tidak Tetap Damkar Palangka Raya Positif Gunakan Sabu

id BNNK Palangka Raya, pegawai Damkar positif gunakan Sabu, sabu-sabu, Damkar Palangka Raya

Pegawai Tidak Tetap Damkar Palangka Raya Positif Gunakan Sabu

BNNK melakukan tes urine kepada 103 pegawai Dinas Pemadam Kebakaran yang terdiri dari 37 ASN dan 66 PTT di Kantor Dinas Damkar Palangka Raya, Rabu (13/9). Pada giat tersebut satu PTT diamankan BNNK karena hasil tes urin menunjukkan positif mengandung

... Namun apabila nantinya dalam surat resmi itu dinyatakan positif maka yang bersangkutan akan kita berhentikan,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah yang mengkonsumsi sabu berhasil terdeteksi saat Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) setempat melakukan tes urine.

Kepala BNNK Palangka Raya, Soedja`i di Palangka Raya, Rabu mengatakan, satu PTT di Dinas Damkar dan Penyelamatan yang positif gunakan sabu tersebut berinisial RV.

"Yang beersangkutan saat ini berada di kantor BNNK Palangka Raya untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut," katanya.

Soedja`i menambahkan, yang bersangkutan nantinya akan direhabilitasi. RV sendiri merupakan orang ketiga di instansi itu yang dinyatakan positif menggunakan narkoba, yang mana sebelumnya dua pegawai lainnya juga telah diamankan pihak Polres Palangka Raya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Palangka Raya, Anwar Sanusi Umanur Gayo menerangkan, pihaknya masih menunggu surat resmi terkait positifnya salah satu pegawainya dalam penggunaan narkoba jenis sabu.

"Kita masih menunggu surat resmi baru bisa menentukan sikap terhadap pegawai kita. Namun apabila nantinya dalam surat resmi itu dinyatakan positif maka yang bersangkutan akan kita berhentikan," katanya.

Dia menambahkan, ancaman pemberhentian ini juga telah tercantum dalam surat perjanjian kontrak kerja yang telah ditandatangani setiap PTT.

"Meski demikian, saat ini sebelum ada surat resmi maka kami mendahulukan azas praduga tak bersalah," katanya.

Mantan Kadis PU Palangka Raya ini juga menyesalkan penggunaan narkoba oleh pegawainya tersebut. Apalagi kemampuan pemadaman yang dimiliki yang RV merupakan kemampuan khusus dan tak semua pegawai memiliki keahlian dalam penanganan kebakaran.

Tes urine itu sendiri dilaksanakan secara dadakan yang merupakan kerjasama antara Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota dan BNNK Palangka Raya.

Pada kegiatan itu, terlibat sebanyak 103 pegawai yang terdiri dari 66 PTT dan 37 ASN yang dilakukan tes urine.

Bahkan di kesempatan itu, Wakil wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio juga menyempatkan diri untuk menghadiri pelaksanaan tes urine tersebut.