Pemkab Bartim Terus Dorong Pengembangan Agropolitan

id agropolitan, bupati bartim

Pemkab Bartim Terus Dorong Pengembangan Agropolitan

Bupati Bartim Ampera AY Mebas memberikan kain batik Mawiney sebagai cindera mata kepada Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kalteng Hardi Rampay, Rabu (13/09). (Foto Antara Kalteng/ Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah terus mendorong pengembangan agropolitan di wilayah setempat melalui tata pengelolaan dan pengembangan yang baik.

"Adanya kawasan agropolitan ini agar berdampak positif dalam peningkatan ekonomi masyarakat khusuanya para petani dan menjadi salah satu sumber dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Bartim," kata Bupati Bartim Ampera AY Mebas, Kamis. 

Komitmen Pemerintah Kabupaten Bartim sendiri dalam pengembangan agropolitan bisa dilihat dari program peningkatan saluran irigasi tersier dan membuat usulan peningkatan alat dan mesin pertanian kepada Pemerintah Provinsi maupun Pusat.

Ampera juga menambahkan, bahwa akan mendukung penuh program kawasan agropolitan yang dipusatkan di Ampah, Kecamatan Dusun Tengah.

"Saya mengharapkan program Agropolitan bisa berjalan baik dalam pengembangannya. Sehingga bisa berdampak positif bagi peningkatan ekonomi para petani dan bisa menjadi sumber PAD," ujarnya.

Dengan Bartim sebagai tuan rumah koordinasi pengembangan agropolitan, Ampera juga mengharapkan kegiatan itu menghasilkan edukasi dan visioner dalam mengembangkan program agropolitan yang lebih baik didaerah masing-masing.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, Hardy Rampay mengatakan untuk wilayah Kalteng ada 7 daerah yang memiliki program agropolitan dan ikut dalam koordinasi pengembangannya.

"Saya berharap melalui rapat koordinasi yang dilakukan, akan meningkatkan sinergitas semua pihak dalam mengembangkan agropolitan yang lebih baik ke depannya," katanya.