Akhir 2017, 5 Desa di Gunung Mas Akan Dialiri Listrik

id lima desa gunung mas dialiri listrik, PLN Gunung Mas, bupati Gumas, Arton S Dohong, listrik

Akhir 2017, 5 Desa di Gunung Mas Akan Dialiri Listrik

Ilustrasi - (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Jika tak ada hambatan, jaringan listrik di lima desa di wilayah Kabupaten berjuluk 'Habangkalan Penyang Karuhei Tatau' akan menyala alias diaktifkan,"
Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Kepala Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Quranis Eka Zulstra mengatakan bahwa akhir 2017 ini seluruh listrik di lima desa akan segera dialiri listrik.

"Jika tak ada hambatan, jaringan listrik di lima desa di wilayah Kabupaten berjuluk 'Habangkalan Penyang Karuhei Tatau' akan menyala alias diaktifkan," kata Quranis di Gunung Mas, Kamis. 

Kelima desa tersebut, kata dia, yaitu Desa Tuyun, Tumbang Empas, Tumbang Hakau, Tariak, dan Desa Pilang munduk. Kelima desa ini masuk dalam wilayah Kecamatan Kurun. 

Dia menambahkan, untuk desa Tumbang Hakau dan sekitarnya, jika masuk sistim kuala kurun beban masuk lebih kurang 500 KW sedangkan sparo beban cuma 300 KW. Sehingga, harus dilakukan evaluasi lebih lanjut.

"Termasuk penambahan mesin PLN baru 3x100 KW, adalah langkah kita untuk mengatasi defisit daya pembangkit listrik," ungkapnya.

Sebelumnya, dengan telah dimulainya pembangunan pemukiman relokasi Desa Tumbang Lampahung. Camat Kurun, Hansli Gonak mengharapkan kepada pihak terkait, dalam hal ini PLN agar segera melakukan pemasangan jaringan listrik di wilayah itu.

"Tentunya, di desa relokasi baru ini memerlukan jaringan listrik. Semoga dapat menjadi perhatian pihak PLN setempat," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Gumas, Arton S Dohong mengharapkan warganya dapat melakukan penghematan listrik jika akhirnya nanti, jaringan listrik telah diaktifkan.

"Jangan memakai listrik dengan berlebihan. Pakailah dengan hemat, dan tepat guna," jelas Arton.