Sambut Hari Jadi Kabupaten, Barito Selatan Adakan Festival Budaya 2017

id Barito Selatan, Festival Budaya, Barito Selatan Adakan Festival Budaya 2017, hari jadi kabupaten barito selatan

Sambut Hari Jadi Kabupaten, Barito Selatan Adakan Festival Budaya 2017

Ilustrasi - Karnaval Festival Budaya Kalteng - (ANTARA FOTO/Ronny NT)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan melaksanakan Festival Budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus 2017.

"Festival budaya ini dilaksanakan untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Barito Selatan ke 58," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Barito Selatan, Raden Sudarto, di Buntok, Rabu.

Menurut dia, festival Budaya yang rutin dilaksanakan dalam setiap tahunnya itu akan dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan Barsel Expo dari 14-20 September 2017 mendatang.

Adapun cabang lomba pada festival budaya tersebut diantaranya lomba mangacal, mangaruh, meloto, maneweng, manetek, manyila kayu, bagasing/balogo, lawang sakepeng dan lomba manyipet.

"Lomba menyanyi lagu daerah, lomba ma lamang, Besei Kambe, sepak Sawut, tari tradisional pedalaman, lomba tari tradisional pesisir, serta pemilihan putra putri pariwisata,"tambah dia.

Untuk kegiatan lomba akan di fokuskan di Stadion Batuah Buntok, kecuali lomba mangacal akan dilaksanakan di samping kantor Disporaparbud Barito Selatan.

Begitu juga kata dia, dengan lomba membuat masakan tradisional yang bekerjasama dengan PKK Barsel akan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan Buntok.

"Bagi pemenang lomba nantinya akan diikutsertakan pada Festival Budaya Isen Mulang tingkat provinsi Kalimantan Tengah,"ujar Raden Sudarto.

Ia berharap melalui kegiatan lomba yang diikuti peserta dari enam kecamatan ini, olahraga tradisonal bisa membudaya, dan tidak hilang dimasyarakat, karena olahraga tradisional ini sangat perlu untuk dilestarikan.

"Melalui lomba ini juga akan bisa melahirkan bibit-bibit yang nantinya bisa mengharumkan nama Barito Selatan pada kegiatan lomba olahraga tradisional ditingkat provinsi,"ucap Raden Sudarto.