60 Guru Kabupaten Gunung Mas Ikuti Seminar Peningkatan Mutu Dikmen

id guru, 60 guru gunung mas ikuti Seminar Peningkatan Mutu Dikmen, Gumas

60 Guru Kabupaten Gunung Mas Ikuti Seminar Peningkatan Mutu Dikmen

Guru dari sejumlah sekolah di Kabupaten Gumas saat mengikuti seminar di SMKN 1 Kurun, Kamis (14/9/17). (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Sebanyak 60 orang guru yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan yang ada di Kabupaten Gunung Mas mengikuti Seminar Nasional Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Menengah (Dikmen) melalui Program Kemitraan di SMK Negeri 1 Kurun, Kamis.

Koordinator Kegiatan Seminar, Frinhard AS Bangas menjelaskan, pada 2017 ini Kabupaten Gumas menjadi sasaran program Kemitraan milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). 

"Tujuan dari program kemitraan ini adalah mengurangi kesenjangan mutu pendidikan," katanya.

Ia mengatakan, seminar ini sendiri merupakan rangkaian kegiatan dari Program Kemitraan. Sebelumnya telah dilakukan berbagai kegiatan seperti workshop penyusunan rencana tindak, pemagangan guru imbas di sekolah guru mitra, implementasi dan pendampingan implementais dan diseminasi hasil.

Selain itu, kegiatan tersebut sebagai wadah sosialisasi kebijakan pendidikan terkini, baik penyampaian program kemitraan guru dikmen dan fasilitasi guru mitra dan guru imbas.

"Sehingga apa yang didapatkan nantinya dari kegiatan tersebut untuk berbagi ilmu pengetahuan dan hasil magang ke rekan-rekan sejawat agar terbentuk akselerasi komunitas pembelajar yang profesional," katanya.

Ia menyebutkan, sebanyak 60 guru yang mengukuti seminar ini berasal dari berbagai sekolah diantaranya, SMA Negeri 1 Manuhing, SMK Negeri 1 Manuhing Raya, SMA Negeri 1 Rungan, SMA Neger 1 Rungan Barat, SMK Negeri 1 Rungan Hulu, SMA Negei 1 Kahut, SMA Negeri 1 Kurun, SMA Negeri 2 Kurun, SMK Negeri 1 Mihing Raya, SMK Negeri 1 Kurun, dan SMA Katholik Kuala Kurun.

Sedangkan, guru yang mengikuti seminar ini adalah guru pengajar pada mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, dan PPKn, termasuk Kepala Sekolah. 

"Kita harapkan kegiatan ini dapat membawa kemajuan bagi dunia pendidikan khususnya dikmen di Kabupaten Gumas," demikian Frinhard AS Bangas.