Palangka Raya dan Balangan Kerja Sama Perikanan-Peternakan

id Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia, Balangan, Kerja Sama

Palangka Raya dan Balangan Kerja Sama Perikanan-Peternakan

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia (kiri) dan Wakil Bupati Balangan, Sytaifullah (kanan) saat bertukar cinderamata di Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya, Kamis (14/9) malam. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan terus meningkatkan kerja sama sektor perikanan air tawar dan peternakan sapi.

"MOU antar kepala daerah sudah kita laksanakan. Saat ini tinggal pelaksanaan secara teknis oleh kepala OPD Palangka Raya dan Kabupaten Balangan," kata Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia di Palangka Raya, Jumat.

Riban menerangkan, kerj asama tersebut dilakukan mengingat Kabupaten Balangan menjadi salah satu wilayah penghasil sapi dan penghasil budidaya ikan air tawar yang cukup sukses.

Selain itu, lanjut dia, kerjasama tersebut juga dalam rangka mempercepat pembangunan daerah, terlebih kondisi lingkungan di dua wilayah di Kalimantan ini tak jauh beda.

"Kerjasama mengembangkan potensi lokal lebih mudah dikadilakukan antar daerah di Kalimantan ini. Terlebih kita dan Balangan juga sama-sama mengembangkan ternak sapi dan perikanan. Untuk itu kita kerjasamakan yang salah satunya memalui pola transfer sumberdaya manusia," katanya.

Saat ini pemerintah Kabupaten Balangan selama tiga hari dijadwalkan berada di Palangka Raya yang mana agenda tersebut dilakukan dalam rangka kunjungan balasan oleh Pemkab Balangan kepada Pemkot Palangka Raya.

Adapun kegiatan pertama yang dilaksanakan kedua pemerintah daerah ini ialah acara sambutan dan makan malam yang dilaksanakan pada Kamis (14/9) malam di rumah jabatan Wali Kota Palangka Raya.

Agenda selanjutnya, dilanjutkan dengan pertandingan olah raga seperti tenis lapangan dan futsal serta tenis meja serta diskusi dalam rangka mempererat hubungan antar kedua daerah.

Wakil Bupati Balangan, Sytaifullah mengatakan pihaknya juga menyambut baik kerjasama pengembangan ternak sapi dan ikan air tawar tersebut.

"Kami selaku pimpinan rombongan dan mewakili pemerintah Kabupaten Balangan berterima kasih atas sambutan yang hangat terhadap kami," katanya.

Pihaknya pun mengaku siap menjalin kerjasama bidang lainnya sehingga tak hanya sebatas sektor budidaya ikan air tawar dan ternah sapi.