Bupati Lamandau Pastikan Pesparawi Kalteng Siap Digelar

id Pesparawi Lamandau, Bupati Lamandau, Marukan,

Bupati  Lamandau Pastikan Pesparawi Kalteng Siap Digelar

Bupati Lamandau Ir Marukan (lamandaukab.go.id)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Bupati Lamandau Marukan memastikan fasilitas penginapan serta lokasi perlombaan dan pembukaan acara sudah tidak ada masalah, sehingga pesta paduan suara gerejawi ke-XVI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dari 16-21 September 2017 di Kabupaten Lamandau siap digelar.

Kepastian ini setelah Bupati Lamandau ini memantau langsung Stadion Hinang Golloa tempat pembukaan Pesparawi dan mes tempat menginapnya para kontingen dari kabupaten/kota se-Kalteng serta gereja yang menjadi tempat diselenggarakannya berbagai perlombaan, Nanga Bulik, Jumat.

"Sampai saat ini persiapan, baik yang dilakukan panitia maupun Pemkab Lamandau dalam berbagai hal, sudah benar-benar siap. Sudah tidak ada masalah," kata Marukan yang juga Ketua Umum Pelaksanaan Pesparawi ke-XVI tingkat Provinsi Kalteng tahun 2017.

Saat memantau sejumlah fasilitas penginapan serta lokasi perlombaan dan pembukaan Pesparawi, Orang nomor satu di provinsi berjuluk "Bumi Bahaum Bakuba" ini turut didampingi Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Lamandau, Wakapolres Lamandau, perwakilan Kajari Lamandau, Perwira Penghubung.

Tampak juga Pelaksana tugas Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lamandau, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lamandau, Ketua LPTQ Lamandau, Ketua LPPD, Ketua NU, dan sejumlah pendeta serta Ketua Majlis Hindu Kaharingan.

"Salah satu misi Kabupaten Lamandau, yakni menumbuhkembangkan kehidupan beragama agar mempunyai keimanan dan ketakwaan. Sebab Pemkab Lamandau memandang pembangunan tidak hanya berorientasi kepada mental namun juga spiritual," kata Marukan.

Sementara itu, Wakapolres Lamandau Kompol Imam Riyadi mengatakan, mengenai pengamanan Pesparawi, akan diturunkan kekuatan penuh dan dibantu gabungan organisasi lain ada 210 personil yang akan dilibatkan untuk pengamanannya.

Polres Lamandau akan melakukan pengamanan di Stadion Hinang Golloa pada acara penutupan dan pembukaan, lokasi Lamandau Expo dan Gereja-gereja yang mana akan menjadi tempat pada pelaksanaan Pesparawi Ke-XVI tingkat Provinsi itu.

"Kita ada 11 orang personil yang memang di latih secara khusus, untuk pengamanan para tamu-tamu VIP pada saat acara pembukaan dan penutupan acara Pesparawi Ke-XVI tingkat Provinsi Kalteng, " demikian Imam.