Pemerintah Diminta Ikut Perhatikan Betang Tumbang Manggu

id DPRD Kalteng, Ergan Tunjung, Betang Tumbang Manggu

Pemerintah Diminta Ikut Perhatikan Betang Tumbang Manggu

Anggota DPRD Kalteng Ergan Tunjung menyempatkan berfoto di Betang Tumbang Mangu di sela-sela reses perseorangan, baru-baru ini. (Istimewa)

Kita memang tahu betang itu milik almarhum Sair Sua, tapi bukan berarti Pemerintah tidak bisa membantu...
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Legislator Kalimantan Tengah Ergan Tunjung meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Katingan ikut memberikan perhatian terhadap Betang Tumbang Manggu yang terletak di Desa Tumbang Manggu Kecamatan Sanaman Mantikei.

Betang Tumbang Manggu merupakan warisan budaya sekaligus tempat tinggal salah seorang tokoh yang telah memperjuangkan Karungut musik tradisional Kalteng mendapat pengakuan secara nasional bahkan menjadi Harta Benda Indonesia, kata Ergan di Palangka Raya, Jumat.

"Kita memang tahu betang itu milik almarhum Sair Sua, tapi bukan berarti Pemerintah tidak bisa membantu. Ya, silakan cari bentuk apa yang ingin dijadikan sumbangsih dengan tidak melanggar aturan," tambahnya.

Anggota Komisi B DPRD Kalteng ini bersyukur sampai sekarang ini salah satu perusahaan swasta, yakni PT Dwima Grup yang ada di Kabupaten Katingan masih berkenan memberikan perhatian terhadap kondisi sarana dan prasarana Betang Tumbang Manggu.

Dia mengatakan betang ini merupakan aset budaya, sehingga sangat diharapkan tidak hanya perusahaan yang peduli, namun juga pemerintah yang punya kemampuan lebih luas dapat berkontribusi.

"Bantuan dari perusahaan kan tetap terbatas, dan tidak selalu ada. Sinilah Pemprov Kalteng dan Kabupaten Katingan harus berperan, bagaimana agar fisik bangunan dan sarana lainnya diperhatikan," ucap Ergan.

Menurut Politisi PKPI ini, pemberian perhatian terhadap betang tersebut sebagai bentuk penghormatan pada pemiliknya yakni almarhum Sair Sua. Berkat almarhum, Karungut yang merupakan musik tradisional dan sekaligus warisan Kalteng diakui secara Nasional sebagai Budaya Harta Benda Indonesia.

Dia mengatakan Pemerintah pun juga harus punya kepedulian terhadap nilai budaya, salah satunya dengan memerikan perhatian terhadap keberadaan Betang di Desa Tumbang Manggu ini.

"Kalau pemerintah mau bergerak, ya tinggal dikomunikasikan saja dengan keluarga almarhum. Nanti pemerintah kabupaten dan provinsi bisa berkoordinasi bagaimana dan apa saja yang dilakukan nantinya. Tentu saya berharap pemerintah bisa peduli," demikian Ergan.