Karang Taruna Kotim Diminta Jadi Pelopor Penggerak Ekonomi Kerakyatan

id karang taruna kotawaringin timur, kotim, sampit, Agus Tripurna Tangkasiang, Pelopor Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Karang Taruna Kotim Diminta Jadi Pelopor Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Kepala Dinas Sosial Kotim, Agus Tripurna Tangkasiang saat membuka Temu Karya Karang Taruna Kotim, Sabtu (16/9/17). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Karang Taruna di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diminta menjadi pelopor penggerak ekonomi kerakyatan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh desa.

"Masih sedikit Karang Taruna desa yang mengajukan usulan program terkait ekonomi produktif, padahal ini sangat potensial. Kami berharap Karang Taruna bisa memotivasi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi," kata Kepala Dinas Sosial Kotawaringin Timur Agus Tripurna Tangkasiang di Sampit, Sabtu.

Harapan itu disampaikan Agus saat membuka Temu Karya Karang Taruna Kotawaringin Timur. Temu Karya ini dihadiri perwakilan Karang Taruna kabupaten dan seluruh kecamatan di Kotawaringin Timur.

Agus menilai kontribusi Karang Taruna saat ini cukup bagus namun harus terus ditingkatkan. Masih banyak peluang dan peran Karang Taruna yang dibutuhkan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, apalagi Karang Taruna tersebar hingga ke desa-desa.

Pihaknya memaklumi Karang Taruna memiliki keterbatasan karena pendanaan yang tidak tetap. Namun pihaknya sangat mengapresiasi karena banyak program yang dilaksanakan Karang Taruna membantu pemerintah dalam membina masyarakat.

Dinas Sosial berkomitmen untuk terus mendukung Karang Taruna. Program dan kegiatan Karang Taruna sejalan dengan program yang dijalankan pemerintah pusat dan daerah.

"Usulkan saja kegiatan-kegiatan terkait usaha kecil dan ekonomi produktif untuk memberdayakan masyarakat. Kami akan berupaya terus mendukung kegiatan Karang Taruna," kata Agus.

Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Hafid mengatakan, animo masyarakat untuk menghidupkan Karang Taruna terus meningkat. Masyarakat menyadari Karang Taruna bisa menjadi wadah membantu masyarakat untuk menggerakkan pembangunan desa.

"Geliat Karang Taruna di desa makin meningkat. Karang Taruna Kotawaringin Timur menjadi patokan kabupaten lain di Kalimantan Tengah. Kami berterima kasih pemerintah daerah melalui Dinas Sosial," kata Hafid.

Hafid berharap Karang Taruna di seluruh kabupaten dan kota meningkatkan peran membantu masyarakat. Karang Taruna diharapkan menjadi inisiator dan pelopor program-program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.