Pemkab Seruyan Segera Bangun Stadion Baru

id bupati seruyan, stadon seruyan

Pemkab Seruyan Segera Bangun Stadion Baru

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, akan segera membangun stadion baru untuk menggantikan Stadion Sepak Bola Gagah Lurus Kuala Pembuang yang akan diubah menjadi taman kota.

"Pendanaan sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2017 dan pembangunan fisik akan dimulai 2018," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Minggu.

Ia mengatakan sesuai dengan rencana, pembangunan stadion baru dilakukan di atas lahan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Desa Pematang Panjang Kecamatan Seruyan Hilir Timur yang pembangunannya tidak dilanjutkan lagi oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Prosedur yang dilakukan dalam waktu dekat adalah memastikan surat hibah tanah dari pihak PLN yang dulunya akan dibangun PLTU. Kita sudah membicarakan hal itu dengan Manager PT PLN Kalselteng, dan bersedia menyerahkan tanah itu untuk Pemkab," katanya.

Ia menjelaskan secara umum stadion sepak bola baru di atas lahan seluas 10 hektare lebih akan dibangun menghadap langsung ke Sungai Seruyan, dan di depan stadion akan dibangun dermaga tempat warga beraktivitas serta sejumlah fasilitas olahraga lainnya, terutama olahraga air.

"Karena status kawasan di sekitar lokasi pembangunan stadion adalah kawasan Area Penggunaan Lain (APL) sehingga kalau lahan pembangunan kurang kita bisa tambah atau beli untuk perluasan," katanya.

Ia menambahkan sementara menunggu stadion sepak bola baru selesai dibangun, maka Pemkab Seruyan menyediakan dua lapangan sepak bola sementara di depan Islamic Center Seruyan dan di lokasi pembangunan pembangunan bundaran Komplek Perkantoran Pemkab Seruyan.

"Mudah-mudahan pembangunan stadion baru berjalan lancar. Kemudian, bagi mereka yang ingin bermain sepak bola silakan memanfaatkan lapangan sementara yang sudah disediakan oleh Pemkab," katanya.