Damkar Tiga Provinsi Kalimantan Adu Ketangkasan

id damkar kapuas, balakar 545, adu ketangkasan damkar

Damkar Tiga Provinsi Kalimantan Adu Ketangkasan

Bupati Kapuas Ben Brahim bersama tim damkar seusai lomba ketangkasan di stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas. (Istimewa)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Sedikitnya 81 tim pemadam kebakaran (Damkar) yang berasal dari Kalteng, Kalsel dan Kaltim ikut serta dalam adu ketangkasan yang dilaksanakan oleh Balakar 545 Kapuas pada Minggu (17/09/17) sore di stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas. 

Kegiatan berlangsung meriah dan bersemangat, dimana masing-masing tim berusaha menaklukan tantangan lomba yang disiapkan panitia, seperti melewati halang rintang,  gorong-gorong sampai kecepatan menghidupkan mesin dan pemasangan selang penyemprot air. 

Lomba tidak hanya menyedot perhatian warga masyarakat yang datang untuk menonton ketangguhan para damkar yang sedang beraksi, namun orang nomor satu di daerah ini pun turut hadir hingga penutupan. 

"Saya bangga dengan kesigapan dan dedikasi para damkar ini, khususnya Balakar 545 Kapuas yang menggagas kegiatan positif ini," puji Ben Brahim Bupati Kapuas saat memberikan sambutannya. 

Menurutnya, Balakar 545 hampir selalu ada di setiap waktu pada saat terjadi musibah kebakaran dan hal lain yang bersifat sosial. "Setiap ada musibah, hampir bisa dipastikan Balakar selalu ada membantu masyarakat, saya bangga," ucapnya lagi. 

Ditambahkannya,  adanya lomba ketangkasan seperti ini tentunya akan menambah kualitas dan melatih kemampuan tim damkar di lapangan dalam menghadapi musibah atau peristiwa yang tidak diinginkan. 

Sementara itu Ketua Balakar 545 H Suparman mengatakan bahwa kegiatan tersebut sekaligus memeriahkan hari ulang tahun Balakar ke-2, sekaligus sebagai wadah menjalin kebersamaan dan silaturrahmi dengan tim damkar diluar daerah Kapuas.  

"Ini bagian rangkaian HUT Balakar, sebelumnya kita selama seminggu melaksanakan expo dan berbagai kegiatan lainnya seperti panggung hiburan, lomba dangdut,  modifikasi motor dan beberapa lainnya," terangnya.