Hujan Deras Akibatkan Banjir di Napoi dan Tewah Gunung Mas

id banjir di gumas, BPBD gumas

Hujan Deras Akibatkan Banjir di Napoi dan Tewah Gunung Mas

Salah satu lokasi banjir di Jalan Perintis, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gumas, Selasa (19/9/17). (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Hujan yang mengguyur dengan intensitas tinggi belakangan ini di wilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Provinsi Kalimantan Tengah mengakibatkan sebagian daerah yang menjadi langganan banjir mulai terendam air hingga tenggelam banjir.

Informasi yang diterima Antara Kalteng, Selasa (19/9/17), daerah yang mulai terendam hingga tenggelam tersebut, di antaranya bagian wilayah Kecamatan Napoi dan Kecamatan Tewah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gumas, HM Rusdi membenarkan kejadian itu. Ia mengatakan, sejumlah daerah langganan banjir mulai mengalami kebanjiran.

"Informasi terakhir, debit air semakin naik saja," ungkapnya saat dikonfirmasi.

BPBD Gumas, lanjtnya, langsung melakukan pemantauan dan menyiapkan tim untuk turun langsung ke lapanganan. "Kami sedang menyiapkan tim, untuk turun ke lokasi banjir itu," katanya.

Ia juga mengimbau, kepada masyarakat yang rumahnya berada di lokasi banjir untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena jika debit air terus mengalami peningkatan maka rumah akan menjadi tenggelam.

"Dan dampak banjir lainnya, harus segera kita antisipasi. Kepada pejabat dan aparat setempat diharapkan juga cepat turun bersama ke lapangan mengatasi masyarakat korban banjir," tandasnya.