Pelaporan Dana BOS Dilakukan Secara Online

id dana BOS, bantuan operasional sekolah, BOS online

Pelaporan Dana BOS Dilakukan Secara Online

Seluruh Kasek se-Kecamatan Kurun saat mengikuti sosialisasi dana BOS di GPU Damang Batu, Selasa (19/9/17). (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Seluruh kepala sekolah (Kasek) se-Kecamatan Kurun mengikuti kegiatan sosialisasi Bantuan Operasional Siswa (BOS) secara online di GPU Damang Batu, Selasa (19/9/17)).

Selain seluruh Kasek, sosialisasi itu juga diikuti oleh pengawas TK, SD di lingkup unit pelaksana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Gumas. Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Dikbud Gumas, Agung diwakili Kabid Ketenagaan, Martono.

"Kegiatan ini, memiliki peran yang sangat strategis dengan tujuan menjamin transparansi, akuntabilitas, dan pelaporan yang tepat waktu serta tepat sasaran dalam penggunaan dana BOS," ungkapnya.

Ia mengatakan, ada beberapa pertimbangan terkait pelaporan BOS dilaksanakan secara online, di antaranya supaya laporan pertanggungjawaban dana BOS cepat diketahui oleh pihak yang memberi, menghemat waktu dan biaya dibandingkan cara manual, serta adanya keseragaman dalam bentuk dan isi laporan.

"Kecurigaan antara guru dengan kepala sekolah, bisa terjadi karena tidak adanya keterbukaan pengelolaan dana BOS," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dikbud Kabupaten Gumas, Selu Solu Benediktus menyampaikan, kalau berbicara tentang kinerja berarti berbicara tentang kemampuan seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau kualitas yang ditujukan dalam suatu pekerjaan.

"Demikian pun, dengan kinerja kepala sekolah yang meliputi kinerja manajemen dan kinerja akademis perlu ditingkatkan untuk memperoleh mutu pendidikan baik bagi anak didik maupun masyarakat," ucapnya.

Ia menambahkan, pelaporan BOS secara online merupakan bagian dari manajemen sekolah yang perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu untuk memperoleh hasil yang memadai, yakni penggunaan anggaran berbasis kinerja dalam arti anggaran yang dikeluarkan harus seimbang dengan kualitas dari kinerja.

"Selain itu, sebagai alat kontrol dalam penggunaan anggaran, dan supaya anggaran dilaporkantepat pada waktunya," demikian Selu Solu Benediktus.