Balai Bahasa Terus Perkuat Karakter Generasi Muda di Kalteng

id Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Generasi Muda Kalteng, Balai Bahasa Terus Perkuat Karakter Generasi Muda di Kalteng

Balai Bahasa Terus Perkuat Karakter Generasi Muda di Kalteng

Salah satu peserta sedang tampil di musikalisasi puisi yang digelar Balai Bahasa Kalteng, Palangka Raya, Selasa (19/7/17). (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Balai Bahasa Kalimantan Tengah terus berupaya membentuk dan memperkuat karakter generasi muda di provinsi berjuluk "Bumi Tambun-Bumi Pancasila" ini agar lebih peka terhadap kondisi sosial masyarakat dan semakin mencintai sastra serta bahasa Indonesia.

Salah satu upaya tersebut dengan menggelar berbagai kegiatan termasuk musikalisasi puisi kepada pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), kata Perwakilan Balai Bahasa Kalteng sekaligus Ketua Panitia Musikalisasi Puisi, Yohanes Tri Nugroho di Palangka Raya, Selasa.

"Musikalisasi puisi yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti 18 grup dari berbagai SMA di Provinsi Kalteng. Grup itu ada dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Timur, Katingan, Kapuas dan Pulang Pisau," bebernya.

Demi mendapatkan penampilan musikalisasi puisi yang terbaik, panitia pelaksana menghadirkan Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Agus Prasetya sebagai dewan juri bersama Noorhadi dan Elis Setiati dari Balai Bahasa Kalteng.

Yohanes menegaskan penilaian oleh Dewan Juri pasti objektif, karena yang terpilih menampilkan musikalisasi puisi terbaik akan mewakili Provinsi Kalteng untuk kembali berkompetisi di tingkat nasional.

"Kita sebenarnya mengundang seluruh SMA se-Kalteng, tapi mendaftar ada 20 grup dan yang hadir hari ini 18 grup," kata Yohanes sembari mengapresiasi penampilan para peserta sangat memukau dan bervariasi.

Selain menyelenggarakan musikalisasi puisi, Balai Bahasa Kalteng dalam waktu dekat juga akan menyelenggarakan lomba menulis puisi, menulis surat Kepada Gubernur, menulis cerpen dan apresiasi puisi.

Kepala Balai Bahasa Kalteng, Haruddin mengatakan berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan karena membentuk dan menguatkan karakter generasi muda harus dilakukan secara terus menerus.

"Kita berharap berbagai kegiatan yang akan kita lakukan ini mendapat dukungan dari semua pihak, khususnya pihak sekolah mengutus anak didiknya," demikian Haruddin.