Wow! Elpiji 3 Kg di Seruyan Langka, Ada Harga Rp30 Ribu

id elpiji 3 kg, elpiji di seruyan, pertamina

Wow! Elpiji 3 Kg di Seruyan Langka, Ada Harga Rp30 Ribu

Gas Elpiji 3 Kg (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Warga dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengeluhkan ketersediaan gas elpiji tiga kilogram yang sudah mulai langka di pengecer, jika pun ada harganya mencapai Rp30.000.

"Selain sulit mendapatkan, harga elpiji tiga kilogram yang biasanya Rp25.000 - Rp26.000 per tabung, namun kini harganya sudah mencapai Rp30.000 per tabung," kata salah seorang warga, Rian (33) di Kuala Pembuang, Selasa.

Bapak tiga anak ini mengharapkan, pihak Pertamina melakukan evaluasi terkait penyaluran gas elpiji tiga kilogram yang saat ini sudah banyak digunakan masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

"Seharusnya ada kontrol terhadap penyaluran elpiji bersubsidi agar tidak terjadi kelangkaan yang mengakibatkan harganya pun mahal," katanya.

Tingginya harga serta sulitnya mendapatkan elpiji tiga kilogram juga sudah dirasakan selama satu bulan terakhir oleh warga di daerah Kecamatan Seruyan. Akhirnya tidak sedikir warga yang beralih menggunakan kayu bakar untuk kebutuhan memasak.

"Kejadian seperti ini bukan sekali dua kali, tapi sudah sering. Kami resah karena terkadang gas elpiji bisa kosong sampai dua hari dan setelah ada harganya juga mahal. Akhirnya kita sering menggunakan kayu bakar untuk memasak," kata Siti, warga Kecamatan Seruyan Raya.

Sementara, pemilik pangkalan elpiji di Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya, Arif mengatakan, dalam satu bulan dirinya hanya mendapatkan jatah elpiji tiga kilogram sebanyak 400 tabung per bulan.

"Jatah itu sangat kurang karena saat ini sebagian besar masyarakat sudah beralih menggunakan gas elpiji," katanya.