BPBD Palangka Raya Catat Ada 21 Kebakaran Lahan

id karhutla, bpbd palangka raya, kebakaran lahan

BPBD Palangka Raya Catat Ada  21 Kebakaran Lahan

Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto usai melaksanakan sosialisasi Karhutla di Kelurahan Bukit Tunggal, Palangka Raya, Selasa (19/9). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mencatat selama tahun 2017 telah terjadi 21 kebakaran lahan.

"Dari awal tahun hingga saat ini kami mencatat telah ada 21 kebakaran lahan yang terjadi di Palangka Raya, sebagian besar dilakukan dengan sengaja," kata Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya Supriyanto, usai melaksanakan sosialisasi karhutla di Kelurahan Bukit Tunggal, Palangka Raya, Selasa.

Dia mengungkapkan, total lahan di "Kota Cantik" yang terbakar tersebut memiliki luas sekitar 16 hektare.

"Dua kejadian kebakaran lahan terakhir terjadi Senin (18/9) di Jalan Adonis Samat dan Jalan Yos Sudarso," katanya pula.

Supriyanto menerangkan, dua wilayah di Palangka Raya yang memiliki potesi kebakaran lahan tinggi adalah di Kecamatan Jekan Raya dan Kecamatan Sabangau, mengingat kondisi lahan gambut dua kecamatan tersebut cukup dalam.

Pihaknya pun terus mengintensifkan upaya antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

"Selain terus melakukan patroli yang tergabung dalam tim Satgas Karhutla, kami juga terus melakukan berbagai kegiatan pencegahan salah satunya seperti sosialisasi ini," katanya pula.

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat turut aktif melakukan pencegahan kebakaran lahan dan hutan, agar upaya yang dilakukan pemerintah semakin efektif dan efisien.

Sosialisasi karhutla itu diikuti para personel Tim Serbu Api Kecamatan (TSAK) selama ini menjadi salah satu garda terdepan penanggulangan kebakaran di Palangka Raya.