239 Peserta Meriahkan Lomba Lukis di Barsel

id BLH Barsel, Firman Purbiantoro, Lomba Lukis

239 Peserta Meriahkan Lomba Lukis di Barsel

Para peserta yang mengikuti lomba melukis dan mewarna memperingati hari lingkungan hidup dunia, dan hari jadi Barsel ke 58, di Buntok, Selasa (19/9). (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Sebanyak 239 peserta siswa Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengikuti lomba melukis, dan mewarna.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Barito Selatan Firman Purbiantoro mengatakan, lomba yang diikuti 239 siswa tersebut dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup dunia, dan hari jadi Barito Selatan yang ke 58.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan hidup sejak dini, sekaligus melestarikan alam, dan lingkungan sebagai warisan pendahulu dan titipan bagi anak cucu kita,"katanya, di Buntok, Selasa.

Hal tersebut lanjut dia, agar mereka bisa memperlakukan alam secara bijak, menghargai akan pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam demi kelangsungan hidup penghuni bumi.

Tema lingkungan hidup yang diangkat pada kegiatan ini sebagaimana yang ditetapkan UNEP (United Nations Environment Programme) atau Badan Lingkungan Hidup Persatuan Bangsa-Bangsa yakni Connecting People To Nature (Menyatu dengan alam).

Sementara Sekda Barsel, Edi Kristianto pada saat membuka acara itu mengatakan sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan lomba mewarna dan melukis tersebut.

"Melalui momentum ini, kita semua bisa berupaya, dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan, serta kehutanan yang banyak dan komplek serta rumit,"ucapnya.

Karena lanjut dia, melalui kerja keras, Insya Allah akan membuahkan hasil yang baik untuk Indonesia tercinta.

Selain lomba melukis, dan mewarna, pada kegiatan itu juga dilaksanakan penanaman pohon oleh Sekda Barsel, dan Ketua TP PKK Barsel, Hj Permana sari serta sejumlah pejabat di wilayah setempat.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti lomba lukis tingkat SLTP sebanyak 35 orang, lomba lukis tingkat SD diikuti 54 peserta, lomba mewarna gambar tingkat SD sebanyak 71 orang, dan lomba mewarna tingkat TK diikuti 79 orang peserta.