Wow! Ratusan Warga Kotim Calonkan Diri Jadi Kades

id DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo, pilkades

Wow! Ratusan Warga Kotim Calonkan Diri Jadi Kades

Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Handoyo J Wibowo. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Sebanyak 264 warga Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mencalonkan diri untuk menjadi kepala desa (Kades).

Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Handoyo J Wibowo, di Sampit, Selasa mengatakan, mereka akan bersaing dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan di gelar pada 21 Oktober 2017.

"Berdasarkan hasil penjaringan yang dilakukan pihak panitia pelaksana Pilkades serentak jumlahnya ada 264 orang, dan jumlah itu sudah ditetapkan," terangnya.

Dari 264 calon tersebut lima orang diantaranya berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tiga orang pensiunan ASN.

"Para calon dari ASN sudah sesuai ketentuan, yakni mendapatkan persetujuan izin atau dari pimpinan tempatnya bertugas dan Bupati Kotawaringin Timur," jelasnya.

Jumlah peserta Pilkades serentak di setiap desa bervariasi, ada yang hanya dua calon dan ada juga yang sampai lima calon di masing-masing desa, jumlah tersebut mengacu pada ketentuan di mana minimal ada dua calon dan maksimal lima calon.

Pilkades nantinya akan di laksanakan secara bersamaan di 79 desa dan 168 desa yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur. Sedangkan sisanya akan melaksanakan Pilkades pada 2018 mendatang.

"Yang jelas tidak ada calon tunggal di desa yang melasanakan Pilkades serentak, karena menurut peraturan jika ada calon tunggal maka pelaksanaannya ditunda di Pilkades berikutnya," katanya.

Handoyo mengatakan, minat masyarakat untuk menjadi Kepala Desa terbilang cukup tinggi hal itu dilihat dari banyak jumlah calon yang mendaftarkan diri.

"Data yang saya terima di beberapa desa jumlah calonnya ada yang lebih dari lima orang," demikian handoyo.