Pemkab Seruyan Alihkan Jalan Penghubung 3 Kecamatan

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Jalan Penghubung Kecamatan

Pemkab Seruyan Alihkan Jalan Penghubung 3 Kecamatan

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, akan mengalihkan jalan penghubung tiga kecamatan di luar jalur yang disediakan oleh perusahaan hak pengusahaan hutan (HPH).

"Ada 60 kilometer jalan penghubung tiga kecamatan yang masih melalui jalur HPH PT Central Kalimantan Abadi (CKA), dan jalan penghubung itu yang rencananya akan kita alihkan," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia mengatakan, kebijakan untuk mengalihkan jalan penghubung itu harus dilakukan karena jalan milik HPH tidak mungkin terus menerus digunakan masyarakat, dan pemerintah juga tidak mungkin membenahi jalan HPH karena bertentangan dengan aturan.

"Kondisi jalan ini sering dikeluhkan masyarakat. Tapi kita tidak bisa berbuat banyak karena untuk membenahi jalan HPH harus melalui prosedur pinjam pakai kawasan dari pemerintah pusat, sehingga perlu alternatif untuk menyelesaikan masalah ini," katanya.

Ia menjelaskan, pengalihan akses jalan itu dilakukan untuk menghubungkan Kecamatan Seruyan Tengah dan Seruyan Hulu, dan rencana pengalihan jalan tersebut dimulai dari Desa Panyompa Kecamatan Seruyan Tengah kemudian menyusuri 50-100 meter dari tepian Sungai Seruyan hingga ke Desa Mojang Baru Kecamatan Seruyan Hulu.

"Dalam waktu dekat kita akan survey lapangan dan langsung membuat rintisan jalan bekerja sama dengan perusahaan HPH," katanya.

Ia mengakui, akses jalan yang rencananya akan dibangun ini membuat jarak tempuh menjadi sedikit lebih jauh dari pada melewati jalan milik perusahaan HPH. Meski demikian, dengan melewati jalur baru nantinya mereka yang melintas dapat melihat keindahan riam-riam yang ada di Sungai Seruyan serta desa-desa yang terlintasi juga akan hidup.

"Meskipun jaraknya akan lebih jauh sedikit, namun hal itu akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang ada di Sungai Seruyan, dan ini juga sangat bagus untuk pengembangan sektor pariwisata Seruyan ke depan," katanya.