Legislator Minta Dinsos Palangka Raya Tambah Jumlah Gerai e-Warung

id dprd palangka raya, Rusdiansyah, Gerai E Warung

Legislator Minta Dinsos Palangka Raya Tambah Jumlah Gerai e-Warung

Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Rusdiansyah. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Rusdiansyah meminta Dinas Sosial setempat menambah jumlah gerai warung elektronik (e-warung) guna mensukseskan program bantuan pangan nontunai (BPNT).

"Harus ada penambahan e-warong karena penyebaran penerima program rastra yang nanti diubah menjadi bantuan nontunai banyak juga yang dari daerah pinggiran dan jauh dari kota," katanya di Palangka Raya, Selasa.

Jumlah penerima beras sejahtera (rastra) di wilayah Palangka Raya saat ini mencapai 5.313 kepala keluarga dan saat ini di seluruh wilayah "Kota Cantik" ini baru terdapat enam gerai e-warung.

Menurut Rusdiansyah, jika program bantuan pangan nontunai diberlakukan sementara gerai e-warong masih terbatas maka justru akan memberatkan penerima program terutama yang berada di daerah pinggiran.

"Jika warga yang jauh dari kota tak disiapkan e-warung maka justru akan memberatkan penerima program karena harus menanggung biaya transportasi untuk menuju warung elektronik itu," katanya.

Dia mencontohkan warga di Kecamatan Rakumpit yang harus menggunakan transportasi sungai dan darat untuk mencapai gerai e-warong yang hanya ada di wilayah kota.

Dia berharap Dinas Sosial dapat menambah jumlah gerai e-warung minimal di setiap kelurahan yang wilayahnya masuk kategori sulit terjangkau sebelum program bantuan pangan nontunai dilakukan.

Saat ini e-warung yang ada di Palangka Raya masing-masing di Jalan Tjilik Riwut Km 34 tepatnya di Kelurahan Tangkiling, kemudian di Jalan G. Obos VIII gang sejati 1 di Kelurahan Menteng dengan nama E-Warong Pahari.

Berikutnya e-warung Jekan Raya Itah di Jalan Mendawai Pasar Kahayan, Kelurahan Palangka Raya, e-warung Sebangau Jaya di Jalan Mendawai, Pasar Kahayan, Kelurahan Palangka.

Lalu, e-warung Harapan Jawa di Jalan Pantai Cemara Labat, Kelurahan Pahandut seberang dan terakhir berada di Jalan Uria Jaya No. 26 Kelurahan Langkai.