Juara Nasional, Kapuas Harumkan Kalteng Lewat Tari Remaja Nusantara

id kapuas, Juara Nasional, Kapuas Harumkan Kalteng Lewat Tari Remaja Nusantara, tari tradisional, kapuas juara nasional

Juara Nasional, Kapuas Harumkan Kalteng Lewat Tari Remaja Nusantara

Penari remaja Kalteng yang meluapkan kegembiraannya setelah berhasil menjadi juara 1 dan 2 untuk dua tarian tradisional ditingkat Nasional di Jakarta. (Istimewa)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Prestasi tertinggi tingkat Nasional ditoreh oleh pelaku seni Kalimantan Tengah yang berhasil memperoleh juara dalam Festival Tari Remaja Nusantara tingkat Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Tim seni Tari Kalteng yang di wakili remaja-remaja dari Kabupaten Kapuas yang dibina oleh Dewan Kesenian Daerah (DKD)  Kabupaten  Kapuas tersebut berhasil membawa pulang penghargaan berupa tropi juara 1 dan juara 2 tingkat Nasional setelah dua tariannya berhasil memenangi ajang yang cukup bergengsi bagi pelaku tari tanah air. 

Erliansyah pimpinan sanggar Tingang Menteng Panujung Tarung (TMPT)  Kuala Kapuas yang di hubungi, Selasa, mengatakan bahwa dirinya bersama kontingen merasa bersyukur atas capaian itu dan berterimakasih kepada pemerintah Provinsi Kalteng dan Kabupaten Kapuas atas kepercayaannya pada tugas tersebut. 

"Kami sangat bersyukur atas kemenagan ini, hasil jerih payah dan latihan bersama adik adik remaja selama ini terbayar dengan prestasi juara Nasional," ucapnya.

Harapannya kedepan ini dapat dipertahankan bahkan di tingkatkan dan bisa mengikuti kejuaraan serupa tahun depan.  "Dengan hasil ini semoga semakin banyak remaja yang menyukai seni tari tradisional dan terjaga kelestariannya," kata Erliansyah. 

Dijelaskannya juga bahwa para penari remaja yang di ikutkan berjumlah 30 orang yang berasal dari sekolah tingkat SD, SMP dan SMA di Kuala Kapuas.  Mereka menampilkan tarian dayak hasil koreografi dan tata musik dari Erliansyah dan Hadi Wahyudi.