TMMD 2017 Kodim 1015 Sampit Dilaksanakan di Seruyan

id Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa, TMMD 2017 Kodim 1015 Sampit

TMMD 2017 Kodim 1015 Sampit Dilaksanakan di Seruyan

Dandim 1015 Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa bersama Sekda Seruyan, Haryono saat rapat persiapan TMMD, Selasa (19/9/2017). (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 1015 Sampit, Kalimantan Tengah, pada tahun 2017 diarahkan untuk membantu percepatan pembangunan desa di Kabupaten Seruyan.

"TMMD ini untuk membantu pemerintah daerah meningkatkan pembangunan di daerah. Selain itu, TMMD juga untuk lebih mempererat persatuan TNI dan rakyat serta komponen lainnya sehingga kesatuan bangsa dapat dipertahankan, serta meningkatkan jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan masyarakat," kata Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa di Sampit, Selasa.

Tahun ini kegiatan TMMD Kodim 1015 Sampit dilaksanakan di Desa Wana Tirta, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan pada 27 September hingga 27 Oktober 2017. Desa ini dipilih atas usulan masyarakat melalui pemerintah daerah yang kemudian dilanjutkan peninjauan lapangan.

Untuk mematangkan persiapan kegiatan itu, Putra Yasa dan jajarannya mengikuti rapat dengan Pemerintah Kabupaten Seruyan. Hadir dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Haryono bersama kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bappeda, DPKAD, Dinas Kesehatan, camat, dan kepala desa terkait.

Dua sasaran utama dalam TMMD nanti adalah peningkatan badan jalan sepanjang 4000 meter dengan lebar 12 meter dan pembuatan plafon Gereja Santo Fransiskus dengan ukuran 10 x 18 meter. Selain itu juga ada sasaran tambahan, yakni pembuatan dua jembatan berukuran 4 x 4 meter dan 4 x 6 meter.

Kegiatan ini juga akan diisi berbagai kegiatan nonfisik, yaitu penyuluhan pertanian, wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, serta pelayanan keluarga berencana dan kesehatan. Kegiatan ini untuk memberi pengetahuan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

"Rapat tadi membahas persiapan akhir rencana pembukaan dan pelaksanaan TMMD. Kami mengapresiasi karena Pemerintah Kabupaten Seruyan sangat serius bekerja sama dan mempersiapkan kegiatan ini. Mudah-mudahan pelaksanaannya lancar dan membawa manfaat besar bagi masyarakat," kata Putra Yasa.

Wilayah kerja Kodim 1015 Sampit meliputi tiga kabupaten, yakni Kotawaringin Timur, Katingan, dan Seruyan. Tahun 2015, program TMMD dilaksanakan di Kotawaringin Timur, tahun 2016 di Katingan, dan tahun ini di Seruyan.