Pemkab Seruyan Gelar Pawai Tahun Baru Islam

id Sekda Seruyan, Haryono, Pawai Tahun Baru Islam

Pemkab Seruyan Gelar Pawai Tahun Baru Islam

Sekda Seruyan Haryono. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menggelar pawai taaruf menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah.

"Dengan adanya pawai ini diharapkan dapat mempererat persaudaraan antarwarga di Seruyan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Haryono usai melepas pawai ta'aruf di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia mengatakan, pawai taaruf juga sengaja digelar oleh Pemkab Seruyan sebagai wahana syiar Islam yang mengajak masyarakat di "Bumi Gawi Hatantiring" untuk melakukan evaluasi dan introspeki diri terhadap apa yang telah dilakukan selama satu tahun yang lalu.

"Dengan mengevaluasi dan introspeksi diri secara cermat serta teliti tentu kita akan menjadi tahu apakah kita termasuk orang yang beruntung, atau justru menjadi orang yang merugi karena telah menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan," katanya.

Ia menambahkan, pemerintah juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyambut tahun baru dengan penuh optimisme untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

"Dan penting pula bagi warga muslim untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta amal ibadah karena ke depan tantangan, cobaan dan godaan hidup akan semakin besar," katanya.

Pawai ta'aruf diikuti ribuan umat muslim dari berbagai kalangan, yaitu pelajar, mahasiswa, majelis ta`lim, aparatur sipil negara (ASN) dan berbagai elemen warga lainnya.

Pawai taaruf yang dimulai dan berakhir di Lapangan Gagah Lurus Kuala Pembuang berlangsung meriah disaksikan ribuan warga yang datang dari berbagai pelosok daerah di Seruyan dengan menampilkan peserta berpakaian muslim dan muslimah yang dilengkapi dengan berbagai simbol-simbol keislaman dengan nuansa Tahun Baru Islam.