Wagub Kalteng Minta Barito Selatan Tingkatkan PAD

id hari jadi barsel, wagub kalteng, bupati barsel

Wagub Kalteng Minta Barito Selatan Tingkatkan PAD

Wakil Gubernur Kalteng Ismail menyerahkan bantuan dana CSR PT Adaro kepada Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri usai upacara peringatan hari jadi ke-58 Barsel, di Buntok, Kamis (21/9). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Ismail meminta kepada pemerintah kabupaten Barito Selatan agar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD.

"Saya mengajak seluruh jajaran kabupaten ini untuk PAD," katanya saat upacara peringatan hari jadi Barito Selatan ke-58, di Buntok, Kamis.

Ia mengatakan, meningkatkan PAD tersebut dengan cara menggali berbagai potensi yang ada di wilayah setempat.

"Salah satu strategi yang dilaksanakan yakni dengan fokus dan sinergitas untuk pembangunan lima tahun kedepan dalam bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan ekonomi dalam arti luas, "ucap Habib Said Ismail.

Menurut dia, untuk membangun Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Barito Selatan ini, diperlukan dana yang tidak sedikit, dan dirinya meminta kepada jajaran di Barito Selatan untuk secara cerdas meningkatkan pendapatan daerah tersebut.

"Peningkatan PAD tersebut melalui pajak, retribusi dan sumber-sumber lainnya yang digunakan untuk memerangi kemiskinan, kebodohan, dan ketertinggalan," tambah Wakil Gubernur Kalteng.

Supaya hal tersebut terwujud kata lanjut dia, kebersamaan diharapkan terus dibangun, dipelihara, dan dipertahankan dalam upaya memajukan kabupaten ini kedepannya.

"Karena saya yakin jika semua komponen, dan seluruh masyarakat bisa bersama-sama mengoptimalkan perannya sesuai kedudukan, fungsi, dan tugasnya masing masing, Insya Allah kabupaten ini ke depannya bisa maju sesuai harapan bersama," ucapnya.

Upacara hari jadi Barito Selatan yang ke 58 tersebut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri, dan Satya Titiek Atyani Djoedir, forum koordinasi pimpinan daerah dan sejumlah Kepala SOPD serta anggota DPRD setempat.

Selain itu juga dihadiri Bupati, dan Wakil Bupati dari sejumlah Kabupaten yang berada di wilayah Kalimantan Tengah maupun dari provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).