Wagub Kaltim Meninggal Dunia, Rencana Dimakamkan di Balikpapan

id wagub kaltim, HM. Mukmin Faisyal, HP

Wagub Kaltim Meninggal Dunia, Rencana Dimakamkan di Balikpapan

Almarhum Wakil Gubernur Kalimantan Timur, HM Mukmin Faisyal HP SH MH. (gubernurafi.com)

Jakarta (Antara Kalteng) - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), HM. Mukmin Faisyal meninggal dunia pada pukul 06.00 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat.

"Iya bapak meninggal jam 06.00 WIB.  Saat ini jenazah masih berada di RSPAD," kata salah satu anak almarhum, Musmin Nartadinata saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Mukmin dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Subroto sejak hari Senin (11/9).

Almarhum Wakil Gubernur Kalimantan Timur, HM. Mukmin Faisyal, HP rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Lamaru, Balikpapan Timur, Jumat.

Menurut keterangan salah satu anak almarhum, Musmin Nartadinata, almarhum Mukmin akan dimakamkan disamping makam ibundanya.

"Bapak rencana dimakamkan di samping makam nenek di Lamaru," kata Narta di RSPAD Gatot Soebroto di Jakarta Pusat, Jumat.

Jenazah Mukmin Faisyal rencana akan dibawa ke Balikpapan dengan menggunakan penerbangan Garuda yang berangkat pada pukul 13.00 WIB, katanya.

Selanjutnya jenazah akan disemayamkan di rumahnya di Jalan Krapu RT 23 Nomor 1 Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan Timur.

Almarhum Mukmin Faisyal meninggal dunia pada usia 67 tahun pada Jumat, pukul 06.00 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Almarhum HM Mukmin Faisyal HP SH MH lahir di Sinjai, Sulawesi Selatan, 13 Juni 1950. Ia menjabat sebagai Wakil Gubernur berpasangan dengan Gubernur petahana Awang Faroek Ishak setelah mereka memenangi pilkada Kalimantan Timur 2013.

Mukmin resmi menjadi Wakil Gubernur Kaltim setelah dilantik oleh Mendagri Gamawan Fauzi pada 17 Desember 2013 untuk masa jabatan hingga 2018.

Ia menyelesaikan pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah hingga perguruan tinggi di Kota Balikpapan dan menuntaskan pendidikan S2 di Kota Surabaya pada 2004.

Almarhum meniti karier pertamanya sebagai staf bagian personalia Kantor Wali Kotamadya Balikpapan, hingga pernah menjabat Kepala Tata Usaha Kantor Sospol Kota Balikpapan.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Gubernur Kaltim (2013-2018), almarhum Mukmin Faisyal menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Kaltim (2009-2013).