Bupati Barut Segera Perbaiki Jalan Rusak di Pedalaman

id Bupati Barito Utara, Nadalsyah, Jalan Pedalaman

Bupati Barut Segera Perbaiki Jalan Rusak di Pedalaman

Bupati Barito Utara, Nadalsyah, Sekda Jainal Abidin, Kadis PUPR Fery Kusmiadi dan pejabat lainnya saat melakukan pengecekan pekerjaan jalan melakukan pengecekan pekerjaan pembangunan jalan dari Desa Datai Nirui menuju Sei Rahayu sepanjang 15 Kilom

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah menyatakan, pihaknya segera memperbaiki jalan yang rusak menuju sejumlah desa eks transmigrasi di pedalaman terutama jalan dari Desa Datai Nirui menuju Sei Rahayu Kecamatan Teweh Tengah sepanjang 15 kilometer.

"Kerusakan jalan akan segera dilakukan perbaikan karena jalan tersebut merupakan tanggung jawab dari pemerintah daerah untuk melayani seluruh lapisan masyarakat," kata Bupati Nadalsyah saat melakukan pertemuan dengan aparatur desa dan masyarakat sekaligus mengecek jalan rusak di Balai Desa Beringin Raya Kecamatan Teweh Tengah,Jumat.

Menurut Nadalsyah, setelah mendapat laporan langsung dari kepala desa tentang kerusakan jalan maka dirinya langsung memerintahkan dinas terkait untuk melakukan mobilisasi alat berat dan sekarang sudah berada di lokasi.

Ruas jalan menuju desa itu sebelumnya dibangun sesuai standar yang telah ditentukan, yakni BSB/LPB (lapisan pondasi bawah) dengan campuran batu belah/batu split/agregat dengan campuran variasi (debu, batu ukuran).

"Namun karena tingginya mobilitas angkutan terutama saat musim hujan yang diduga melebihi tonase sehingga jalan itu kembali rusak," katanya dalam pengecekan sejumlah titik jalan rusak itu.

Dia didampingi Sekretaris Daerah Jainal Abidin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Fery Kusmiadi, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian M Iman Topik, Camat Teweh Tengah Hery Jhon Setiawan.

Nadalsyah juga mengajak kepada kepala desa, beserta aparat desa, ketua BPD beserta anggota dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat pembangunan yang telah dilaksanakan baik infrastruktur jalan dan jembatan ataupun fasilitas umum lainnya.

"Mari kita jaga infrastruktur jalan dan jembatan yang ada di desa ini sehingga tidak mengalami kerusakan yang cepat sehingga aktivitas masyarakat tetap lancar," kata Nadalsyah.

Sekda Barito Utara Jainal Abidin mengajak masyarakat untuk mendukung program Bupati Nadalsyah dalam menyukseskan prioritas pembangunan di daerah ini, yakni mendukung pemasangan tiang dan pengencangan kabel PLN serta pemasangan pipa PDAM untuk pendukung penyediaan air bersih.

"Masyarakat diharapkan mendukung program dari pemerintah daerah, hal ini demi kelancaran bersama," kata dia.

Seorang warga Muara Teweh Hamdani yang sering ke Desa Sei Rahayu II dan Desa Rimba Sari mengatakan, dengan diperbaikinya jalan ini diharapkan dapat meningkatkan berkembang perekonomian masyarakat.

"Untuk itu mari kita bersama saling menjaga pembangunan yang telah dibangun seperti jalan dan jembatan serta bangunan lainnya yang dibangun oleh pemerintah. Dan apabila melewati jalan jangan membawa muatan melebihi tonase yang ditentukan yaitu maksimal enam ton apalagi kalau musim hujan," kata Sekda Jainal.