Kesadaran Berlalu Lintas Masyarakat Kotim Perlu Perhatian

id Kesadaran berlalu lintas, polres kotim, kecelakaan

Kesadaran Berlalu Lintas Masyarakat Kotim Perlu Perhatian

Wakapolres Kotim Kompol Muhammas Zainur Rofik dan Wakil Bupato HM Taufiq Mukri memotonG kue ulang tahun HUT ke-62 Satuan Lalu Lintas Bhayangkara Polres Kotim, Jumat (22/9/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kesadaran masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, untuk tertib berlalu lintas, masih perlu perhatian semua pihak agar angka kecelakaan lalu lintas bisa terus ditekan sekecil mungkin.

"Kami berterima kasih kepada Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur yang sudah menjalankan tugas dengan baik. Kini giliran kita masyarakatnya yang harus sadar untuk mematuhi aturan berlalu lintas," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri di Sampit, Jumat sore.

Harapan itu disampaikan Taufiq saat memberi sambutan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-62 Lalu Lintas Bhayangkara Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur yang dilaksanakan di Taman Kota Sampit.

Upacara yang dipimpin Wakapolres Kompol Muhammad Zainur Rofik itu juga dihadiri puluhan anggota komunitas sepeda motor. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan atraksi baris-berbaris kelompok Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Polisi Cilik Mentaya.

Taufiq berharap masyarakat mematuhi aturan berlalu lintas karena sangat penting untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain. Prilaku berkendaraan yang baik dan benar juga sangat penting untuk mencegah kecelakaan.

"Berkendaraan itu ada aturan. Patuhi semua aturan dan pakai alat keselamatan. Masyarakat harus menyadari bahwa ini untuk kepentingan kita semua," kata Taufiq.

Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur, AKP Boni Ariefianto mengatakan, pihaknya terus berupaya menciptakan ketertiban dan keselamatan di jalan raya. Pihaknya berbenah diri karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan keselamatan di jalan raya.

"Perlu dukungan masyarakat untuk mewujudkan semua itu. Kami berharap bisa terus menekan angka kecelakaan. Saat ini masih banyak masyarakat yang masih harus diingatkan. Mencegah pelanggaran, sama dengan mencegah kecelakaan di jalan raya," kata Boni.

Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Kotawaringin Timur terus melakukan patroli dan penertiban, baik melalui operasi terjadwal maupun patroli rutin setiap hari. Upaya ini dilakukan terus menerus untuk menyadarkan masyarakat untuk menjaga keselamatan dengan mematuhi aturan berlalu lintas.