Loh! Sudah Sepekan Belum Ada Pelamar Pada Seleksi Sekda Kotim, Kenapa Ya?

id BKD Kotim, Alang Arianto, Seleksi Sekda Kotim

Loh! Sudah Sepekan Belum Ada Pelamar Pada Seleksi Sekda Kotim, Kenapa Ya?

Kepala Badan Kepegawaian Kotawaringin Timur, Alang Arianto. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Hingga kini belum ada pelamar dalam seleksi terbuka jabatan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yang dibuka pekan lalu.

"Belum ada pelamar. Kita tunggu saja karena masih ada waktu. Mudah-mudahan menjelang penutupan pendaftaran, banyak yang memasukkan lamaran," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Senin.

Pendaftaran seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur dilaksanakan pada 18 September hingga 2 Oktober 2017.

Sesuai aturan, seleksi bisa dilaksanakan jika pendaftar minimal empat orang karena ada tiga nama yang nantinya akan direkomendasikan oleh panitia seleksi.

Panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, diketuai Putu Sudarsana yang merupakan mantan Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur. Empat anggota panitia seleksi yaitu Syahrin Daulay, Sonedi, Suhaimi dan Saidina Aliansyah.

Syahrin Daulay mantan Pelaksana Tugas Sekda Kalteng yang saat ini mengabdi di Badan Pengembangan Sumber Daya Aparatur Provinsi Kalteng, Sonedi adalah Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Saidina Aliansyah merupakan Inspektur Provinsi Kalteng dan Suhaimi yang merupakan mantan Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin.

Tahapan seleksi yaitu masa pendaftaran pada 18 September hingga 2 Oktober, penerimaan berkas 18 September hingga 3 Oktober, seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak peserta seleksi hingga 5 Oktober, pengumuman hasil seleksi administrasi 6 Oktober.

Selanjutnya, penyerahan makalah visi dan misi pada 9-11 Oktober, seleksi kompetensi manajerial pada 12-13 Oktober, seleksi kompetensi bidang yakni paparan makalah dan wawancara pada 17 dan 18 Oktober, penetapan hasil akhir oleh panitia seleksi pada 20 Oktober, pengumuman hasil akhir seleksi oleh panitia seleksi pada 21 Oktober.

Calon peserta seleksi berusia maksimal 56 tahun dan sudah menduduki minimal dua kali jabatan eselon II. Hampir semua pimpinan satuan organisasi perangkat daerah di Kotawaringin Timur memenuhi syarat kepangkatan untuk mengikuti seleksi namun ada beberapa yang terkendala usia hendak memasuki pensiun dan belum mengikuti sertifikat Diklatpim II.

"Ada beberapa yang sudah berkonsultasi. Semua pejabat di Kotawaringin Timur. Belum ada yang dari luar daerah. Kalau saya memperkirakan, ada sekitar lima hingga enam peserta yang mungkin akan mendaftar," kata Alang.

Saat ini jabatan Sekretaris Daerah dipercayakan kepada Halikinnor sebagai Pelaksana Tugas. Alang berharap banyak pejabat yang mendaftar sehingga pendaftaran seleksi tidak perlu diperpanjang.