Pemkab Seruyan Antusias Jadi Lokasi Program TMMD

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa, tmmd kotim

Pemkab Seruyan Antusias Jadi Lokasi Program TMMD

Bupati Seruyan Sudarsono bersama Dandim 1015 Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa meninjau jalan yang akan ditingkatkan, Selasa (26/9/2017). (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, sangat antusias karena salah satu desa menjadi lokasi pelaksanaan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Kodim 1015 Sampit tahun 2017.

"Tadi Bupati Seruyan (Sudarsono) bersama kami meninjau lokasi yang akan dikerjakan dalam kegiatan TMMD. Beliau sangat antusias karena ini sangat membantu masyarakat setempat dan diharapkan berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dengan terbukanya jalan desa," kata Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa di Sampit, Selasa.

Tahun ini TMMD Kodim 1015 Sampit dilaksanakan di Desa Wana Tirta Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Seruyan pada 27 September hingga 27 Oktober 2017. Desa ini dulunya merupakan kawasan transmigrasi yang saat ini dihuni 452 kepala keluarga yang umumnya berprofesi sebagai petani dengan sektor andalannya adalah pertanian.

Dua sasaran utama dalam TMMD nanti yaitu peningkatan badan jalan sepanjang 4000 meter dengan lebar 12 meter dan pembuatan plafon Gereja Santo Fransiskus dengan ukuran 10x18 meter. Selain itu juga ada sasaran tambahan, yakni pembuatan dua jembatan berukuran 4x4 meter dan 4x6 meter.

Kegiatan ini juga akan diisi berbagai kegiatan nonfisik, yaitu penyuluhan pertanian, wawasan kebangsaan, bahaya narkoba serta pelayanan Keluarga Berencana dan kesehatan. Kegiatan ini untuk memberi pengetahuan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Bupati Seruyan, Sudarsono meninjau ke lokasi untuk melihat persiapan di lapangan sebelum kegiatan dimulai. Dia mengikutsertakan sejumlah pejabat terkait seperti kepala Dinas Pekerjaan Umum, kepala Bappeda, kepala Dinas Perhubungan, kepala Inspektorat, camat Batu Ampar, camat Seruyan Tengah, kepala Desa Wana Tirta, kepala Desa Sumber Makmur dan lainnya.

Selain mendukung pendanaan, Pemerintah Kabupaten Seruyan ingin memastikan semua yang dibutuhkan bisa dipenuhi. Harapannya agar kegiatan TMMD berjalan lancar sehingga membawa manfaat besar bagi masyarakat desa setempat.

"Bupati juga melakukan pertemuan dengan masyarakat. Bupati mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan membantu menyukseskan TMMD ini. Kami bersyukur masyarakat juga sangat antusias. Semoga semua berjalan lancar," harap Putra Yasa.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, jumlah anggota TNI dan tim asistensi yang dikerahkan sedikitnya 150 orang, ditambah 70 warga setiap harinya. TNI akan bahu-membahu bersama masyarakat untuk membangun desa.