Pendapatan Kabupaten Seruyan Diproyeksikan Naik 7,94 Persen

id DPRD Seruyan, Arrahman, APBD 2017

Pendapatan Kabupaten Seruyan Diproyeksikan Naik 7,94 Persen

DPRD Kabupaten Seruyan. (bhayangkarautama.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pendapatan daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2017 diproyeksikan sebesar Rp1,089 triliun atau mengalami kenaikan 7,94 persen dibandingkan APBD 2017.

"Pendapatan daerah mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan target sebelumnya pada APBD 2017 yaitu sebesar Rp1,009 triliun," kata Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Seruyan Arrahman di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia menyebutkan selain pendapatan daerah, dana perimbangan pada APBDP Seruyan 2017 juga mengalami kenaikan 1,6 persen atau menjadi sebesar Rp868,8 juta.

Kemudian untuk pendapatan asli daerah (PAD) pada APBDP 2017 juga naik sebesar 103,26 persen atau Rp52,1 miliar dari target semula Rp50,5 miliar, sehingga target PAD menjadi Rp102,7 miliar.

"Sementara, Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan 2017 yang telah disepakati antara legislatif dan panitia anggaran eksekutif dalam penentuan plafon anggaran perubahan sementara yakni jumlah pendapatan sebesar Rp1,089 triliun dan belanja sebesar Rp1,32 triliun," katanya.

Menurutnya, peningkatan anggaran pada APBDP hendaknya dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Pemkab Seruyan, khususnya untuk Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang palfon anggarannya naik untuk kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Selain itu, APBD perubahan nanti dapat mendorong peningkatan kinerja Pemkab Seruyan, karena pada prinsipnya belanja pembiayaan pembiayaan pembangunan berbasiskan kinerja dan skala prioritas untuk program-program tertentu dengan tidak mengindahkan asas proporsionalitas," katanya.