Bupati Kotim Berharap Peserta Seleksi Sekda Banyak

id Bupati Kotim, H Supian Hadi, Peserta Seleksi Sekda

Bupati Kotim Berharap Peserta Seleksi Sekda Banyak

Bupati Kotim H Supian Hadi bersama Ketua Kadin Kotim Susilo (kiri) dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi berharap banyak pejabat yang berani ikut menjadi peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah.

"Di internal Pemkab Kotim sendiri banyak yang memenuhi persyaratan untuk ikut seleksi. Makanya saya berharap banyak yang ikut seleksi. Makin banyak pesertanya malah lebih bagus," kata Supian di Sampit, Rabu.

Pendaftaran seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur dilaksanakan pada 18 September hingga 2 Oktober 2017. Sayangnya hingga saat ini belum ada pelamar.

Supian berharap banyak yang akan mendaftar di hari-hari terakhir masa pendaftaran nanti sehingga waktu pendaftaran tidak perlu diperpanjang. Sesuai aturan, seleksi bisa dilaksanakan jika pendaftar minimal empat orang karena ada tiga nama yang nantinya akan direkomendasikan oleh panitia seleksi.

Seleksi dilaksanakan oleh panitia seleksi yang telah dibentuk, tanpa melibatkan pejabat daerah. Semua peserta berpeluang direkomendasikan oleh panitia seleksi dan berpeluang pula dipilih oleh bupati.

Saat ini jabatan sekretaris daerah dipercayakan kepada Halikinnor sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah. Namun Supian menegaskan, tidak ada jaminan Halikinnor yang akan terpilih menjadi sekretaris daerah definitif karena seluruh peserta memiliki peluang yang sama.

"Belum tentu pak Halikinnor yang terpilih. Panitia seleksi nanti akan melihat dari hasil keseluruhan tahapan seleksi. Nanti dari tiga nama yang diajukan itu, satu nama yang akan saya pilih. Jangan takut. Ikut saja karena semua memiliki peluang yang sama," kata Supian.

Sekretaris daerah merupakan jabatan tertinggi bagi aparatur sipil negara dan mempunyai peran yang sangat straregis. Untuk itulah pejabat yang akan dipilih menjadi sekretaris daerah harus mempunyai kemampuan mumpuni.

Selain harus cakap dalam memimpin dan mampu menjabarkan visi dan misi pembangunan, seorang sekretaris daerah harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Sekretaris daerah menjadi jembatan kepala daerah dengan masyarakat, DPRD, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pelaku usaha dan lainnya.

"Tidak semua orang memiliki kemampuan seperti itu dan sanggup diberi amanah besar tersebut. Makanya perlu pertimbangan matang dalam menentukan siapa yang akan dipercaya menjadi sekretaris daerah," kata Supian.

Sementara itu, tahapan seleksi jabatan sekretaris daerah yaitu masa pendaftaran pada 18 September hingga 2 Oktober, penerimaan berkas 18 September hingga 3 Oktober, seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak peserta seleksi hingga 5 Oktober, pengumuman hasil seleksi administrasi 6 Oktober.

Selanjutnya, penyerahan makalah visi dan misi pada 9 - 11 Oktober, seleksi kompetensi manejerial pada 12 - 13 Oktober, seleksi kompetensi bidang yakni paparan makalah dan wawancara pada 17 dan 18 Oktober, penetapan hasil akhir oleh panitia seleksi pada 20 Oktober, pengumuman hasil akhir seleksi oleh panitia seleksi pada 21 Oktober.

Calon peserta seleksi berusia maksimal 56 tahun dan sudah menduduki minimal dua kali jabatan eselon II. Hampir semua pimpinan satuan organisasi perangkat daerah di Kotawaringin Timur memenuhi syarat kepangkatan untuk mengikuti seleksi namun ada beberapa yang terkendala usia hendak memasuki pensiun dan belum mengikuti sertifikat Diklatpim II.