Nah! Legislator Minta Dinas Perikanan Maksimalkan Balai Benih

id DPRD Palangka Raya, nenie Lambung, Balai Benih

Nah! Legislator Minta Dinas Perikanan Maksimalkan Balai Benih

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Fraksi PDI Perjuangan, Nenie A Lambung saat memantau balai benih di km 36 Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya, Selasa (26/9). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, meminta Dinas Perikanan setempat memaksimalkan keberadaan balai benih ikan untuk meningkatkan produksi perikanan.

"Jangan mampai keberadaan balai benih yang dikelola pemerintah kota tak mampu meningkatkan produksi perikanan yang ada. Maksimalkan balai benih ini dalam meningkatan produksi sektor perikanan," kata Nenie di Palangka Raya, Rabu.

Dia juga meminta Dinas Perikanan berinovasi agar produksi perikanan di Kota Palangka Raya semakin meningkat hingga akhirnya mampu memenuhi kebutuhan di daerahnya.

Sebelumnya, pada Selasa (26/9) legislator PDI Perjuangan ini bersama Wali Kota Riban Satia, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto beserta jajaran pejabat Dinas Perikanan mengunjungi dua lokasi pembibitan ikan yang dikelola pemerintah kota.

Pada kesempatan itu, Nenie juga mengkritisi pengelolaan balai yang dianggapnya kurang maksimal karena sejumlah kolam dibiarkan kosong, bahkan air di dalam kolam terkesan tak diisi.

Selain itu, lokasi balai yang tak dilengkapi tanaman peneduh juga membuat suhu air di kolam cenderung cepat panas sehingga berpengaruh pada kualitas ikan di dalamnya.

Kemudian dari sisi hasil produksi, keberadaan balai benih juga dinilai belum memberikan dampak signifikan karena belum mampu memenuhi kebutuhan pasar.

Bahkan untuk perputaran penyediaan bibit ikan di balai tersebut belum bisa dihasilkan berkesinambungan dari produksi balai tersebut.

Tak hanya itu, untuk program "restoking", Dinas Perikanan juga masih mendatangkan bibit dari daerah luar karena hasil produksi balai belum mampu memenuhi keperluan tersebut.

Peninjauan itu sendiri dilakukan di Balai Benih Ikan kilometer 32 Kelurahan Banturung, Palangka Raya dan di lokasi pembenihan ikan pada KM-36 Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya.

Pada kesempatan itu, Kadis Perikanan Palangka Raya Helmi beserta jajarannya mengatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan untuk membuat unit pengelola teknis dengan harapan pengembangan perikanan di kota setempat sesuai harapan.


Baca: