Deteksi Dini Masalah Tingkat Desa Melalui Tiga Pilar, Kata Legislator Bartim

id dprd bartim, tiga pilar, ariantho s muller

Deteksi Dini Masalah Tingkat Desa Melalui Tiga Pilar, Kata Legislator Bartim

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur, Ariantho Muller. (Ist)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ariantho S Muller mengatakan, permasalahan bangsa dewasa ini cukup beraneka ragam sehingga memerlukan deteksi dini agar bisa menangani secara tuntas. 

"Karena itu melalui tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kepala Desa, kiranya bisa mendeteksi secara dini masalah kebangsaan dimulai dari desa masing-masing," kata legislator Bartim, Sabtu.

Dengan mampu mendeteksi masalah sejak dini di tingkat bawah, maka hendaknya bisa pula menyelesaikannya. 

Tiada lain agar bangsa ini, khususnya di Kabupaten Barito Timur agar bisa terus kondusif, aman, tentram dan damai.

Menurutnya, di kabupaten yang berjuluk "Bumi Nansarunai - Jari Janang Kalalawah" kini telah tercipta kondusifitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. 

Ini membuktikan, dalam kehidupan yang heterogen tersebut perlu ada rasa kebersamaan, keberpaduan, dan kekeluargan antar sesama sukua, agama maupun ras.  

Dengan melihat luasan kabupaten Bartim 3.834 km persegi, maka sangat diperlukan adanya kekompakan, sinegitas dan soliditas oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades dalam melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya. 

"Kita (DPRD) yakin dengan keberadaan dan kekompakan dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kades, maka permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan keamanan maupun gangguan umum akan dapat ditangani dan ditangkal secara dini diwilayah desa masing-masing," terang politisi PKPI itu. 

Jika telah mampu mendeteksi dan menangkal permasalahan, maka telah membantu meredam dan menyelesaikan permasalahan bangsa.