Kotim Belum Miliki Pustakawan dan Arsiparis

id Pemkab kotim, Suparmadi, pustakawan

Kotim Belum Miliki Pustakawan dan Arsiparis

Salah seorang pengunjung perpustakaan di Sampit terlihat serius membaca buka kesukaannyaa, Senin (2/10/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah belum memiliki pustakawan dan arsiparis yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas dinas yang baru terbentuk tersebut.

"Untuk sementara kami memanfaatkan sumber daya daya manusia yang ada. Kalau ada perekrutan pegawai negeri sipil atau tenaga kontrak, kami akan mengajukan usulan perekrutan pustakawan dan arsiparis," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotawaringin Timur, Suparmadi di Sampit, Senin.

Pustakawan adalah seseorang yang bekerja di perpustakaan dan membantu orang menemukan buku, majalah, dan informasi lain. Seiring kemajuan teknologi, mulai tahun 2000-an, pustakawan juga mulai membantu orang menemukan informasi menggunakan komputer, basis data elektronik dan peralatan pencarian di internet.

Sementara itu, arsiparis adalah pegawai yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi pemerintah, tidak termasuk kegiatan mengurus, memberkaskan dan mengelola arsip-arsip aktif. Kegiatan kearsipan yakni kegiatan dalam bidang pembinaan, pengelolaan dan pelayanan arsip, penilaian dan penyelesaian arsip serta pemasyarakatan arsip.

Selain belum memiliki pustakawan dan arsiparis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotawaringin Timur juga membutuhkan tambahan pegawai. Saat ini pegawai di dinas itu hanya 20 orang, sehingga belum mencapai jumlah ideal.

"Meski begitu kami selalu berusaha memberikan pelayanan maksimal dan terbaik. Alhamdulillah kini perkembangannya positif," tambah Suparmadi.

Setiap hari, jumlah pengunjung sekitar 60 orang dari berbagai kalangan. Tidak hanya pelajar dan mahasiswa, ada pula pengunjung dari kalangan masyarakat umum.

Saat ini jumlah keanggotaan perpustakaan daerah telah mencapai 3.149 orang. Ini menandakan minat baca masyarakat Kotawaringin Timur cukup besar dan terus meningkat.

Suparmadi mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan, terutama dalam hal penambahan judul-judul buku baru. Dinas yang terletak di Jalan Achmad Yani Sampit tersebut saat ini telah memiliki sebanyak 16.146 judul buku dengan jumlah buku mencapai 35.700 lebih.

Buku-buku yang tersedia mulai dari pendidikan anak usia dini, pelajar, mahasiswa hingga bagi masyarakat umum. Pembenahan terus dilakukan, seperti mengupayakan pelebaran ruang baca serta tempat penyimpanan buku yang dirasa cukup sempit sehingga harus diperluas.