Polres Barito Selatan Kerahkan 170 Personil Amankan Pilkades Serentak

id barito selatan, barsel, buntok, pilkada serentak, Pilkades Serentak Barito Selatan, Yussak Angga

Polres Barito Selatan Kerahkan 170 Personil Amankan Pilkades Serentak

Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga saat diwawancarai sejumlah wartawan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Sebanyak 170 personil Polres Barito Selatan, Kalimantan Tengah, siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di kabupaten setempat.

Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga mengatakan 170 personil tersebut untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di delapan desa yang berada di lima kecamatan pada 3 Oktober 2017 ini.

"Pengamanan tersebut mulai kita dilaksanakan semenjak pergeseran logistik pilkades dari ibu kota kabupaten hingga menuju desa," katanya usai apel kesiapsiagaan Pilkades, di Buntok, Senin malam.

Ia menjelaskan, untuk pengamanan di 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di delapan desa yang melaksanakan Pilkades tersebut telah ditempatkan sebanyak 37 personil.

"Sedangkan untuk lima TPS yang masuk kategori rawan ditempatkan dua personil dari Polres Barsel, dan Polsek setempat, dan TPS yang dianggap rawan tersebut berada di Kecamatan Karau Kuala,"jelas Kapolres.

Kemudian lanjut Kapolres, di masing-masing Polsek, jumlah personilnya dipertebal sebanyak 10-15 personil dari Polres Barito Selatan untuk mendukung pengamanan di Mako Polsek setempat.

Berkaitan dengan pergeseran logistik Pilkades pada 2 Oktober 2017, telah disiapkan dua personil khusus, dan dalam pergeserannya dari Buntok, ke kecamatan bersamaan dengan pengamanan TPS.

"Pergeseran personil untuk di kecamatan yang terjauh berbarengan dengan pergeseran logistik tersebut supaya mengefisiensikan, dan mengefektifkan, baik dari jumlah personil maupun sarana prasarana," jelasnya.

Untuk personil BKO yang diterima dari dari direktorat Sabhara Polda Kalteng sebanyak 1 peleton atau 30 orang personil akan ditempatkan di Mako Polres Barito Selatan sambil melihat eskalasi perubahan di wilayah.

Apabila memang diperlukan, maka akan digeser dari Buntok menuju kecamatan, sebab kecamatan, sebab jarak tempuh terjauhnya kurang lebih 2 jam menggunakan speedboad.

Untuk pelaksanaan pencoblosan Pilkades serentak pada 3 Oktober 2017 tersebut dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, dan kita berharap Pilkades serentak berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Adapun delapan desa yang melaksanakan Pilkades tersebut yakni desa Rantau Bahuang Kecamatan Jenamas, desa Mahajandau dan Lehai kecamatan Dusun Hilir serta desa Pamangka kecamatan Dusun Selatan.

Untuk di kecamatan Karau Kuala, ada tiga desa yakni desa Teluk Sampudau, desa Talio dan desa Babai, sedangkan untuk di Kecamatan Gunung Awai yakni desa Muara Singan.