Pupuk Kaltim Survei Lokasi Pabrik di Barito Utara

id pupuk kaltim, pabrik kimia, Pupuk Kaltim Survei Lokasi Pabrik Kimia di Barito Utara

Pupuk Kaltim Survei Lokasi Pabrik di Barito Utara

Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara Jainal Abidin menyambut kedatangan manajemen PT Pupuk Kaltim dan Ophir Energy Indonesia di Bandara Beringin Muara Teweh, Selasa (3/10/17). (Foto Dinas Kominfo dan Persandia Barito Utara)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Perseroan Terbatas Pupuk Kalimantan Timur melakukan survei lokasi pembangunan pabrik pupuk kimia di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, dengan memanfaatkan potensi gas di Blok Bangkanai Desa Karendan, Kecamatan Lahei.

"Saat ini mereka (Pupuk Kaltim) telah melakukan survei pendahuluan rencana lokasi pambngunan pabrik kimia di daerah ini," kata Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara (Barut) Jainal Abidin di Muara Teweh, Rabu.

Menurut Jainal, rencananya dibangun pabrik pupuk kimia yang bahan bakunya dari gas ini berada di wilayah Desa Muara Bakah Kecamatan Lahei yang terletak di pinggiran Sungai Barito.

Pupuk Kaltim, kata dia, akan menyiapkan proposal studi kalayakan, kalau memang layak dibangun pabrik pupuk itu maka mereka akan menurunkan tim survei lapangan.

Pupuk kimia atau pupuk anorganik adalah pupuk yang dibuat melalui proses pengolahan oleh manusia dari bahan-bahan mineral, pupuk kimia biasanya lebih murni dari pada pupuk organik dengan kandungan bahan dapat dikalkulasi dalam hal cara penggunaan pupuk kimia lebih praktis dan mudah jika dibanding dengan pupuk organik.

"Mereka sangat berminat menanamkan investasinya membangun pabrik pupuk kimia dengan memanfaatkan tambang gas di blok Bangkanai itu dan Pupuk Kaltim juga telah melakukan survei udara melihat lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG)," katanya.

Jainal mengatakan pemerintah daerah dan manajemen Pupuk Kaltim diantaranya Satrio Direktur Pengembangan Pupuk Kaltim dan Ophir Energy Indonesia langsung dihadiri Presiden Ophir Anggoro Kasyanto selaku pengelola gas Bangkanai telah melakukan pertemuan di Muara Teweh pada Selasa (3/10) untuk membahas rencana pembangunan pabrik pupuk tersebut.

"Pemerintah daerah siap membantu dan mendorong segera dibangunnya pabrik pupuk kimia itu di daerah ini," kata Sekda Jainal.

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyatakan siap memberikan dukungan dan fasilitasi kepada PT Pupuk Kaltim yang akan berinvestasi di wilayah Barito Utara untuk memanfaatkan potensi dan mengembangkan sumber gas tersebut diolah keberbagai bentuk usaha sektor lainnya sesuai dengan aturan dan ketentuan berlaku.

"Kami menjamin akan memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan maupun dokumen lainnya sesuai dengan ranah kewenangan pemerintah Kabupaten Barito Utara seuai aturan yang berlaku," kata dia.

Dibangunnya pabrik pupuk oleh Pupuk Kaltim ini maka akan dapat menumbuhkankembangkan kembali geliat perekonomian dan lapangan kerja bagi masyarakat di Barito Utara.

"Semua pihak harus mendukung segala bentuk investasi di Kabupaten Barito Utara, karena dengan masuknya investor akan mendapat keuntungan, baik perusahaan, negara, masyarakat dan pemerintah daerah, sehingga potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah ini dapat termanfaatkan secara maksimal guna peningkatan sumber pendapatan daerah serta peningkatan kesejahteraan taraf kehidupan masyarakat Kabupaten Barito Utara," jelas Nadalsyah

PT Pupuk Kaltim yang merupakan produsen pupuk urea terbesar di Indonesia, selain produsen amoniak dan pupuk NPK itu berminat menanamkan investasinya di Barito Utara dengan memanfaatkan potensi gas akan melakukan kontrak kerja bersama PT Ophir Indonesia yang saat ini tengah berproduksi dalam mensupplai gas sebagai pengelola PLTMG yang saat ini sudah terkoneksi dari wilayah Kalteng-Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur.