WhatsApp Akhirnya Punya Emoji Sendiri

id whatsapp, emoji, aplikasi

WhatsApp Akhirnya Punya Emoji Sendiri

Aplikasi yang diluncurkan 2009 ini dapat dijalankan di semua sistem operasi ponsel pintar. (WhatsApp)

Jakarta (Antara Kalteng) - Setelah bertahun-tahun menggunakan emoji Apple yang ada di semua versinya, WhatsApp kini telah merancang emoji sendiri, yang tersedia bagi mereka yang menjalankan Android beta terbaru.

Dilansir GSM Arena, Rabu, kumpulan emoji tersebut kabarnya mirip dengan kumpulan emoji milik Apple, dengan beberapa elemen dari emoji Android Oreo yang dipadukan dengan sedikit emoji Twitter.

Meski memang kumpulan emoji tersebut didasarkan pada instruksi umum dari Unicode agar terlihat sama untuk mengurangi kesulitan penerjemahan antarperangkat, kumpulan emoji tersebut dinilai terlalu mirip dengan emoji milik Apple.

WhatsApp mulai menggunakan kumpulan emoji milik Apple karena pada saat itu Android tidak mendapat dukungan untuk emoji. Untuk memastikan emoji yang dikirim oleh pengguna iPhone akan terlihat di perangkat Android, WhatsApp mengintegrasikan keseluruhan emoji Apple yang ada di dalam aplikasinya.

Bahkan, ketika Android mendapatkan dukungan emoji, WhatsApp memastikan kepada Apple kompatibilitas emojinya karena tidak semua perangkat Android mendapat dukungan emoji dan beberapa emoji di Android terlihat berbeda dari Apple.

Sayangnya, belum ada informasi apakah kumpulan emoji WhatsApp hanya tersedia di perangkat non-Apple atau tersedia di semua platform WhatsApp. Tidak diketahui pula alasan WhatsApp berhenti menggunakan emoji Apple.

Kumpulan emoji WhatsApp tersebut kabarnya saat ini dalam tahap akhir, dan diperkirakan juga akan hadir di versi desktop.

Penerjemah: Arindra Meodia