Wabup Lamandau Persilahkan Masyarakat Manfaatkan Kayu Lokal

id Wakil Bupati Lamandau, Sugiyarto, Kayu Lokal

Wabup Lamandau Persilahkan Masyarakat Manfaatkan Kayu Lokal

Wakil Bupati Lamandau H. Sugiyarto pada rapat paripurna di gedung DPRD Lamandau dengan agenda rapat tanggapan Eksekutif terhadap pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Lamandau, Jum'at. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah, Sugiyarto mempersilahkan masyarakat di daerahnya memanfaatkan kayu lokal dengan mendirikan industri pengolahan dan bermitra pemegang izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu (IUPHHK) dalam memenuhi bahan bakunya.

Hal ini disampaikan Sugiyarto saat rapat paripurna dengan agenda tanggapan terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Lamandau terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD tahun anggaran 2018 di Nanga Bulik, Jumat.

"Pemkab Lamandau sudah berusaha berkoordinasi dengan sejulah pihak yang berwenang supaya ada solusi untuk pemenuhan kayu lokal di Kabupaten Lamandau," tambah dia menanggapi pandangan Fraksi Partai Nasdem terkait terjadinya kelangkaan kayu lokal.

Setelah terbitnya Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka kewenangan Kabupaten Lamandau untuk kehutanan sekarang ini hanya sebatas pengelolaan konservasi, yakni Taman Hutan Raya. Untuk itu, secara teknis pengelolaan hutan produksi telah dialihkan ke Pemerintah Provinsi, dalam hal ini Dinas Kehutanan.

"Sangat perlu upaya secara bersama-sama untuk menyelesaikan suatu permasalahan, dan semuanya itu perlu waktu dan butuh proses tidak semuanya harus instan," kata Sugiyarto.

Dia pun mengapresiasi seluruh Fraksi-fraksi DPRD Lamandau atas tanggapan, saran dan masukkan yang telah disampaikan kepada Pemkab Lamandau. Sebab tindakan tersebut sebagai upaya memajukan dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Lamandau.

Wakil Bupati Lamandau dua periode ini memastikan bahwa pihak Eksekutif akan senantiasa memperhatikan dengan sungguh-sungguh saran, masukan dan usul yang telah disampaikan oleh Fraksi-fraksi yang ada di DPRD Lamandau baik itu melalui pemandangan umum maupun dalam rapat-rapat gabungan.

"Saya meyakini dengan saling bersinerginya antara pihak Eksekutif dan Legislatif maka pembangunan di Kabupaten Lamandau ini kedepannya akan lebih baik lagi, " demikian Sugiyarto.