Selasa, 17 Oktober 2017

5 Calon Sekda Kotim Jalani Uji Kompetensi

id Calon Sekda Kotim, Pemkab kotim, Kompetensi
5 Calon Sekda Kotim Jalani Uji Kompetensi
Lima calon Sekretaris Daerah Kotim (kiri ke kanan) Fajrurrahman, Bima Ekawardhana, Suparmadi, Marjuki dan Halikinnor saat uji kompetesi, Kamis (12/10/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)
Sampit (Antara Kalteng) - Sebanyak lima peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menjalani uji kompetensi oleh panitia seleksi.

"Tadi baru seleksi tertulis. Nanti ada wawancara dan paparan juga. Mungkin sampai seharian baru selesai," kata Marjuki, salah satu peserta seleksi di Sampit, Kamis.

Uji kompetensi dilaksanakan di ruang rapat kantor Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur. Ada beberapa rangkaian uji kompetensi, dimulai dari tes tertulis dan wawancara.

Meski mencoba tenang, namun raut muka para peserta terlihat tegang. Suasana baru mencair ketika mereka diberi kesempatan beristirahat sebentar sambil menunggu sesi tahapan selanjutnya.

Panitia seleksi pun sangat ketat dengan jadwal seleksi. Begitu waktu sesi berikutnya akan dimulai, panitia langsung meminta kelima peserta kembali masuk ke ruangan mengikuti seleksi.

"Soalnya lumayan banyak. Saya menjawab sesuai apa yang saya tahu. Yang penting berusaha. Soal hasil, kita tunggu saja seperti apa nanti," kata Halikinnor.

Seleksi jabatan Sekretaris Daerah diikuti lima peserta yakni Marjuki (Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah), Halikinnor (Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah), Fajrurrahman (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata), Suparmadi (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan), serta Bima Ekawardhana (Kepala Dinas Pendidikan).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto mengatakan, semua tahapan dilaksanakan oleh Panitia Seleksi yang beranggotakan lima orang. Badan Kepegawaian Daerah hanya memfasilitasi pelaksanaan seleksi.

Tahapan seleksi jabatan sekretaris daerah yaitu masa pendaftaran pada 18 September hingga 2 Oktober, penerimaan berkas 18 September hingga 3 Oktober, seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak peserta seleksi hingga 5 Oktober, pengumuman hasil seleksi administrasi 6 Oktober.

Selanjutnya, penyerahan makalah visi dan misi pada 9 - 11 Oktober, seleksi kompetensi manajerial pada 12 - 13 Oktober, seleksi kompetensi bidang yakni paparan makalah dan wawancara pada 17 dan 18 Oktober, penetapan hasil akhir oleh panitia seleksi pada 20 Oktober, pengumuman hasil akhir seleksi oleh panitia seleksi pada 21 Oktober.

Nantinya panitia seleksi akan memilih tiga peserta terbaik yang kemudian namanya direkomendasikan kepada bupati. Selanjutnya, bupati akan memilih satu orang yang akan dijadikan Sekretaris Daerah definitif. 

Editor: Admin Kalteng

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga