Wah! PLTU Berkapasitas 2x100 MW Dibangun di Kalteng

id PLTU, Dibangun, kalteng

Wah! PLTU Berkapasitas 2x100 MW Dibangun di Kalteng

Presiden Direktur SLK Lokita Prasetya (dua dari kiri), Bupati Gunung Mas Arton S Dohong (tiga dari kiri) dan sejumlah pejabat lainnya melakukan ground breaking PLTU berkapasitas 2x100MW, Senin. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Gunung Mas (Antara Kalteng) - PT Dian Swastika Sentosa Tbk di bawah naungan grup Sinarmas membangun pembangkit listrik tenaga uap berkapasitas 2x100 megawatt di Desa Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

PLTU yang dikembangkan PT SKS Listrik Kalimantan (SLK) ini dibangun di lahan seluas 20 hektare dan diperkirakan rampung pada 2019, kata Presiden Direktur SLK Lokita Prasetya pada peletakan batu pertama pembangunan IIP PLTU Kalteng di Gunung Mas, Senin.

"Sekarang pembangunannya dalam tahap pekerjaan sipil berupa pembuatan pondasi boiler, turbin dan lainnya. Dalam waktu dekat mekanikal akan segera dimulai yang ditandai dengan first boiler column lifting," tambahnya.

Proyek IPP PLTU Kalteng-1 merupakan satu dari tiga proyek milik dari PT DSSA. Di mana perusahaan ini telah memiliki IPP PLTU Sumsel-2 berkapasitas 2x150 MW yang beroperasi secara komersial sejak Desember 2016, dan di Kendari-3 berkapasitas 2x50 MW yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Lokita menyebut bahan baku utama IPP PLTU Kalteng-1 ini adalah batubara yang disediakan dan diambil dari PT Surya Kalimantan Sejahtera (PT SKS). Di mana perusahaan batu bara ini jaraknya sekitar 6km dari lokasi PLTU ini.

"Pasokan listrik dari IPP PLTU Kalteng-1 ini harapannya membantu memenuhi kebutuhan listrik di provinsi ini, khususnya Kabupaten Gunung Mas, sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat," ucap Lokita.

Acara peletakan batu pertama pembangunan IPP PLTU Kalteng-1 ini turut dihadiri Bupati Gunung Mas Arton S Dohong, Asisten II Setda provinsi Kalteng Hardy Rampay, perwakilan Polda Kalteng AKBP Anthony, perwakilan Korem 102 Panju Panjung, Perwakilan Kementerian ESDM dan Perwakilan PT PLN.

Senior Manager UIPP PT PLN Marwansyah Ganef mengatakan pembangunan proyek IPP PLTU ini merupakan bagian dari mega proyek 35.000 MW yang dicanangkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia.

"PT PLN akan berkontribusi terhadap PLTU yang dikembangkan PT SLK ini dengan menyediakan serta membangun transmisi dari Kasongan hingga Kuala Kurun. Semoga pembangunan PLTU ini dapat meningkatkan rasio elektrifikasi," demikian Marwansyah.Â