Dukungan Semua Pihak Kunci Sukses Keluarga Berencana

id gunung mas, kuala kurun, Kunci Sukses Keluarga Berencana, KB, Vonny Rita

Dukungan Semua Pihak Kunci Sukses Keluarga Berencana

Ilustrasi - Pencanangan pembentukan Kampung KB. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Keberhasilan program kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) tak lepas dari dukungan seluruh pihak, khususnya dari masyarakat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan Bidan Praktik Swasta (BPS).

"Keberhasilan program kependudukan dan KB tak lepas dari dukungan dan peran masyarakat, termasuk keluarga-keluarga yang turut berperan serta menjadi pasangan peserta KB secara lestari," ungkap Kepala DPPKB Kabupaten Gumas Isaskar melalui Kabid KB Vonny Rita di Kuala Kurun, Selasa.

Selain itu, peran serta Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan yang dapat memberikan konseling dan pelayanan KB diharapkan dapat meningkatkan kepesertaan KB, khususnya Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Yang tak kalah penting adalah peran aktif yakni bidan praktik swasta (BPS) dalam melakukan pelayanan KB mandiri.

Mengingat pentingnya dukungan dan peran serta dari ketiga unsur tadi, maka DPPKB Kabupaten Gumas mengadakan kegiatan penjaringan peserta lomba program KB tingkat Kabupaten Gumas tahun 2017.

"Karena sesuatu dan lain hal, pelaksanaan penjaringan hanya dilakukan di wilayah pelayanan Puskesmas Kurun, Tampang Tumbang Anjir, Tumbang Jutuh, Tumbang Napoi, dan Rabambang," katanya.

Sementara itu, untuk lomba Peserta KB Lestari, pada kategori 10 tahun sebagai pemenang adalah pasangan Hosna (34) dan Pitriansyah, warga Kelurahan Jakatan Raya Kecamatan Rungan. Pada kategori 15 tahun adalah pasangan Sri Lusiati (44) dan Juari, warga Kelurahan Kuala Kurun Kecamatan Kurun. 

Sedangkan pada kategori 20 tahun adalah pasangan Sarah (47) dan Mulyohadi warga Kelurahan Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun. 

Selanjutnya, untuk lomba KB MKJP Kategori Puskesmas, sebagai juara adalah Puskesmas Kurun Kecamatan Kurun. Sedangkan untuk lomba pemilihan BPS Terbaik, sebagai juara adalah Sonetha yang merupakan BPS dengan pendidikan bindan A yang beralamatkan di Kelurahan Jakatan Raya Kecamatan Rungan.

Ia menambahkan, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat lain untuk menjadi pasangan peserta KB lestari, memotivasi Puskesmas lain dalam peningkatan pelayanan KB MKJP, serta memotivasi para bidan dalam melakukan pelayanan KB. 

"Kita harap kedepan program kependudukan dan KB dapat berjalan dengan semakin baik," tandasnya.