Polres Seruyan Optimalkan Fungsi Intelijen Antisipasi Konflik

id Kapolres Seruyan, AKBP Nandang Mu'min Wijaya, Intelijen Antisipasi Konflik

Polres Seruyan Optimalkan Fungsi Intelijen Antisipasi Konflik

Kepolisian (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah, akan terus mengoptimalkan peran dan fungsi intelijen untuk mengantisipasi terjadinya konflik sosial di wilayah tersebut.

"Intelijen merupakan garda terdepan dalam mencegah terjadinya konflik sosial serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, karena itu perannya akan kami optimalkan," kata Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu'min Wijaya usai memimpin serah terima jabatan Kasat Intelkam di Kuala Pembuang, Rabu.

Mantan Kasubdit I Dit Narkoba Polda Kalteng ini mengatakan, selama ini peran dan fungsi intelijen di Polres Seruyan beserta jajaran sudah berjalan cukup baik. Terbukti sejumlah konflik yang berlangsung lama seperti sengketa pendirian rumah ibadah berhasil diredam melalui pendekatan dan peran intelijen.

"Berkat peran intelijen akhirnya kita bisa mengantisipasi dan menyelesaikan konflik yang berpotensi menjadi pertikaian antaragama," katanya.

Selain itu, berkat peran intelijen, penyidik juga berhasil menyelesaikan dan membongkar berbagai tindak kejahatan yang terjadi di "Bumi Gawi Hatantiring", salah satunya aktivitas pembalakan liar kayu ulin secara besar-besaran di wilayah Kecamatan Seruyan Tengah.

"Pembongkaran aktivitas illegal logging ini mendapat apresiasi langsung dari Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko, dan tentunya ini juga berkat peran dari intelijen," katanya.

Ia menambahkan, peran optimal intelijen juga sangat dibutuhkan dalam rangka membangun optimisme dan kepercayaan publik atau "public trust" terhadap lembaga kepolisian.

"Kepercayaan publik ini adalah modal utama yang harus terus ditumbuhkan. Terkadang pengungkapan berbagai kasus kejahatan menjadi percuma kalau tidak dipercaya publik, dan untuk menggalang kepercayaan masyarakat adalah salah satu peran dari intelijen," katanya.